listrik desa

Bappeda Kukar Tinjau Program Terang Kampongku untuk Terangi Muara Kaman

Bappeda Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalukan kunjungan lapangan ke sejumlah desa di Kecamatan Muara Kaman untuk meninjau pembangunan listrik desa.

Featured-Image
Plt Kepala Bappeda Kukar, Syarifah Vanesa Vilna bicara soal realisasi anggaran APBD-P jelang akhir tahun.Foto:Diskominfo Kukar.

bakabar.com, TENGGARONG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalukan kunjungan lapangan ke sejumlah desa di Kecamatan Muara Kaman, Kamis (19/10).

Kunjungan ini bertujuan untuk mengawasi progres pelaksanaan kegiatan di tahun 2023. Salah satunya adalah melihat sejauh mana perkembangan pelaksanaan program 'Terang Kampongku', yang secara teknis dijalankan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar.

Baca Juga: Akhir Tahun 2024, Tidak Ada Lagi Desa Tanpa Listrik di Kukar

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Kukar, Syarifah Vanesa Vilna mengatakan pihaknya melakukan pengecekan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibangun di Desa Desa Kupang Baru dan Dusun Nangka Bonah.

“Pembangunan PLTS di Dusun Nangka Bonah saat ini sedang dalam tahap progres. Sementara di Desa Kupang Baru, pembangunannya telah rampung,” terang Vanesa.

Meskipun pembangunan PLTS di Desa Kupang Baru telah selesai, namun sampai saat ini proyek tersebut masih dalam tahap uji coba. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kendala dalam proses pelaksanaan proyek tersebut.

“Kendala ini akan dievaluasi oleh pihak pelaksana karena ini belum diserahkan ke Pemkab Kukar,” tambahnya.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Vanesa berharap program Dedikasi Kukar Idaman, khususnya Terang Kampungku, akan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat di wilayah tersebut. Ia menyampaikan sejumlah progres terkait status pembangunan PLTS di dua lokasi tersebut.

“Dengan kunjungan lapangan seperti ini, Bappeda Kukar ingin menunjukkan komitmennya untuk memastikan bahwa program-program pembangunan seperti Terang Kampungku dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan dampak positif bagi masyarakat pedesaan di Kukar,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner