Akses Listrik Desa

Akhir Tahun 2024, Tidak Ada Lagi Desa Tanpa Listrik di Kukar

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar), Arianto memastikan seluruh wilayah di Kukar sudah teraliri listrik pada akhir ta

Featured-Image
Kepala DPMD Kukar, Arianto. Foto: Istimewa.

apahabar, TENGGARONG - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar), Arianto memastikan seluruh wilayah di Kukar sudah teraliri listrik pada akhir tahun 2024.

Arianto yakin program 'Terang Kampongku' yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangkan Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026 bisa di tuntaskan pada akhir tahun depan.

Arianto mengungkapkan sejak dimulainya program tersebut, sudah banyak wilayah yang merasakan manfaatnya. Ia mencontohkan Desa Sebelimbingan Kecamatan Kota Bangun, Dusun Pendamaran Desa Tuanan Tuha, Desa Teluk Muda, Kecamatan Kenohan, serta Desa Tanjung Batuq Harapan, Kecamatan Muara Muntai yang sudah teraliri listrik.

Baca Juga: Bupati Kukar Minta Pekan Inovasi dan Kreativitas 2023, Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

“Alhamdulilah program Terang Kampongku ini terus berjalan dan berhasil menerangi desa-desa di Kukar,” kata Arianto, Senin (23/10).

Ia juga menjelaskan dalam upaya memberikan pelayanan listrik dasar bagi seluruh masyarakat Kukar, pihaknya menggunakan dua metode. Pertama, bekerja sama dengan PLN dalam membangun jaringan listrik di lokasi yang masih memungkinkan.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Kedua, mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di wilyah yang tidak memungkinkan pembangunan jaringan listrik.

“Secara hitung-hitungan, untuk hitungan pemenuhan, ini kalau sudah terbangun pekerjaan sampai Desember, itu enggak ada lagi desa yang belum berlistrik," bebernya.

PLN juga tengah berusaha menyelesaikan pengaliran listrik ke sejumlah desa di Kukar. Arianto mengungkapkan bahwa Desa Lamin Pulut dan Lamin Telihan, Kecamatan Kenohan akan mendapatkan aliran listrik dari PLN.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, PLN akan memulai pembangunan jaringan listrik ke dua desa tersebut pada Februari 2024.

“Sudah masuk dalam program prioritas,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner