News

Banyak Keutamaan Melaksanakan Salat Tarawih, Jangan Sampai Ketinggalan

Meskipun sunnah, salat tarawih memiliki ganjaran yang besar dan banyak keutamaan bagi yang menjalankan.

Featured-Image
SALAT Tarawih berjemaah di masjid.(Foto: Antara)

bakabar.com, BANJARMASIN - Ramadan merupakan bulan yang penuh keistimewaan. Pada bulan Ramadan terdapat beberapa amalan tambahan yang dapat dikerjakan, salah satunya adalah salat tarawih.

Salat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang paling banyak dilakukan saat bulan Ramadan. Meskipun sunnah, ternyata salat tarawih memiliki ganjaran yang besar dan banyak keutamaan bagi yang menjalankan.

Lalu apa manfaat dan keutamaan shalat tarawih? Berikut pembahasannya, sebagaimana dilansir gatra.com.

1. Menghapus Dosa di Masa Lalu
Salat tarawih dapat menggugurkan dosa masa lalu. Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah s.a.w bersabda:

Barang siapa yang menunaikan qiyam Ramadan (salat Tarawih) dengan keimanan dan mengharap rhido dari Allah, maka dosanya yang terdahulu akan diampuni. (H.R Bukhari dan Muslim). Menurut Ibnu al-Mundzir, dosa-dosa yang diampuni meliputi dosa besar dan kecil.


2. Meramaikan Masjid
Salat tarawih membuat suasana masjid menjadi hikmat dan tenang. Orang yang melakukan salat tarawih berjamaah berpahala sebanyak 27 derajat. Seperti hadits Rasulullah s.a.w. berikut ini:

Nabi Muhammad s.a.w bersabda: “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (H.R. Bukhari).

3. Pahala Seperti Salat Qiyamul Lail Semalam Penuh
Keutamaan salat tarawih selanjutnya yaitu berpahala seperti salat semalam penuh serta dianjurkan untuk melaksanakannya berjamaah meskipun di rumah. Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad s.aw.:

“Siapa yang salat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.”

Ramadan adalah tempat untuk menimba pahala sebanyak-banyaknya. Saat rutin melaksanakan sholat tarawih, maka pahalanya setara seperti Anda melakukan qiyamul lail semalam suntuk.

4. Mempererat Silaturahmi dan Memperluas Rezeki

Datang ke masjid untuk melaksanakan salat tarawih akan mempererat tali silaturahmi dengan sesama muslim. Saat salat tarawih berjamaah, hati rasanya menjadi tenang dan khusyuk. Lalu, dengarkan ceramah baik-baik supaya silaturrahmi tidak hanya bernilai kelakar, tetapi ibadah.

Silaturahmi yang terjaga dengan baik juga akan melapangkan rezeki.

Abu Hurairah ra. berkata: Aku mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: Barangsiapa yang senang diperluas rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah bersiturrahim.” (H.R. Bukhari/Muttafaq Alaih)

Melalui hadis di atas, Rasulullah s.a.w menyebut bahwa seseorang yang terus menjalin silaturahmi, rezekinya pun akan terus mengalir. Rezeki dalam hal ini bukan hanya berarti materi, tetapi juga kesehatan, keluarga yang berbahagia, lingkungan yang supportif, dan sebagainya.

5. Meraih Keberkahan di Bulan Ramadan

Mendapatkan berkah-Nya di bulan suci ini tentu menjadi salah satu keutamaan dari salat tarawih. Sholat tarawih berjamaah akan menambah suasana bahagia di bulan Ramadhan.

Keberkahan salat tarawih ini juga dapat membuat tubuh sehat dan meningkatkan stamina untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramaaan.

6. Menutupi Kekurangan Ibadah

Salat tarawih memiliki keutamaan lainnya yang dapat menyempurnakan ibadah yang sudah dilakukan. Salat tarawih akan menolong seseorang kelak dari kecacatan ibadah wajibnya yang tidak sengaja telah dilalaikan.

Seperti tekah diriwayatkan dalam hadits at-Tirmidzi dari Abu Hurairah r.a/, Rasulullah s.a.w bersabda:

"Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab adalah salatnya. Jika salatnya bagus maka dia beruntung dan selamat. Namun jika salatnya buruk maka dia sengsara dan merugi. Jika ada kekurangan dari salat fardhunya mempunyai pahala salat sunnah untuk melengkapi kekurangan salat fardhu? Kemudian seluruh amalnya seperti itu".


7. Sarana Menambah Ilmu

Di sela-sela ibadah terawih di masjid biasanya diselingi dengan ceramah atau tausyiah dari ustadz. Ceramah singkat selama beberapa menit dapat menambah pengetahuan kita dalam beberapa hal tertentu. Karena singkat, ilmu yang diberikan juga akan lebih mudah terserap.


8. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Salat akan meningkatkan kesehatan tubuh yang dimiliki oleh seseorang. Hal ini dikarenakan salat memiliki serangkaian gerakan yang dilakukan sama halnya dengan melakukan olah raga. Jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan tubuh.


9. Meningkatkan Kesehatan Mental

Keutamaan salat tarawih yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mental. Dengan melakukan ibadah ini, pikiran akan berfokus kepada keberkahan. Pikiran akan menjadi lebih tenang dan kekhawatiran akan hilang dengan sendirinya.

Editor
Komentar
Banner
Banner