Pemkab Kapuas

Banjir Kapuas Tengah-Timpah, Pemkab Kirim Bantuan Logistik

Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah, Selasa (4/4).

Featured-Image
Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor melepas keberangkatan penyaluran bantuan logistik banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalteng mengirimkan bantuan logistik untuk masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah, Selasa (4/4).

Bantuan logistik banjir yang disalurkan menggunakan 20 unit truk tersebut dilepas langsung keberangkatannya oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor di halaman Kantor BPBD setempat.

Acara pelepasan bantuan logistik banjir itu juga dihadiri Deputi Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan, Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga, Kepala Dinas Sosial Yan Marto dan dan sejumlah kepala dinas.

Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor berharap bantuan logistik ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah.

"Mudahan-mudahan juga pada beberapa hari mendatang ini tidak turun lagi hujan sehingga air pun surut," harap Wabup Nafiah Ibnor.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga, mengatakan bantuan logistik yang hari ini dikirim ke lokasi banjir terdiri dari beras sebanyak 54,2 ton, mie instan 54.240 dus.

Kemudian minyak goreng 10.848 liter, sarden 10.848 kaleng, gula 54.240 Kg, susu kental manis 53.240 kaleng, kecap 10.848 botol, kopi 54.240 pak dan teh 10.848 pak.

Adapun banjir yang terjadi mengenangi 16 desa di Kecamatan Kapuas Tengah dan Timpah dengan jumlah korban terdampak sebanyak 5.424 kepala Keluarga atau 16.508 jiwa.

Sedangkan jumlah rumah terendam sebanyak 4.223 unit, rumah ibadah 35 unit, sarana pendidikan 42 unit, sarana kesehatan 11 unit, fasilitas umum 36 unit dan akses jalan yang terendam 70 titik.

"Untuk korban jiwa tidak ada dan kita juga sudah menetapkan status tanggap darurat terhadap bencana banjir ini melalui keputusan Bupati Kapuas Nomor 161/BPBD tahun 2023," pungkas Panahatan Sinaga.

Editor


Komentar
Banner
Banner