Hot Borneo

Banjir di Tabalong Meluas, Luapan Air Sungai Sudah Sampai ke Murung Pudak

Luapan air sungai Tabalong kini juga merendam pemukiman warga di wilayah perkotaan di Kecamatan Murung Pudak, Kamis (17/11)

Featured-Image
Sejumlah anak-anak bermain air yang mulai merendam pemukiman mereka di Pangkalan Pemasiran, Murung Pudak. Foto- apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Sejumlah wilayah di Tabalong dilanda Banjir, Kamis (17/11/2022). Menyusul hujan lebat hingga membuat air sungai Tabalong meluap.

Kini banjir telah merendam pemukiman warga perkotaan Tabalong, tepatnya di Kecamatan Murung Pudak. Rumah warga yang terendam banjir berada di bantaran sungai Tabalong di Pangkalan Pemasiran, Kelurahan Belimbing. 

"Sudah ada 10 rumah warga yang tergenang banjir dan 60 rumah yang halaman dan terasnya terendam. Warga masih bertahan di rumah mereka," kata Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin melalui Kapolsek Murung Pudak, AKP Samsu Suargana, Kamis siang.

Baca Juga: Sungai Tabalong Meluap, Ratusan Rumah di Haruai Terendam Banjir

"Saat ini debit air Sungai Tabalong terus meningkat dan dikhawatirkan rumah warga lainnya juga terendam banjir," sambungnya.

Samsu mengungkapkan, saat ini kedalaman air Sungai Tabalong sudah mencapai 8,8 meter. Untuk itu warga yang rumahnya di bantaran sungai agar selalu berhati-hati.

"Juga waspadai anak-anaknya agar tidak bermain di pinggiran sungai. Mari kita berdoa bersama-sama agar air Sungai Tabalong segera mengalir surut agar banjir tidak meluas," ucapnya.

Selain di Pangkalan Pemasiran, banjir juga melanda perumahan Maluyung 5 dan 6. Banjir di sana karena tingginya curah hujan sehingga Sungai Jaing meluap.

"Di perumahan tersebut saat ini masih merendam jalan sekitar 40 centimeter. Untuk akses jalan ke sana masih bisa dilalui," terang AKP Samsu Suargana.

Baca Juga: Selain Halong dan Nawin, Rumah Warga di Bongkang Haruai Tabalong Juga Terendam Banjir

Editor


Komentar
Banner
Banner