Kalteng

Banjir di Kalteng, Bupati Kapuas Ungkap Penyebabnya

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami banjir, termasuk di Kabupaten Kapuas….

Featured-Image
Bencana banjir yang terjadi di wilayah hulu Kabupaten Kapuas, Kalteng. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami banjir, termasuk di Kabupaten Kapuas. Lantas, apa penyebab terjadinya banjir tersebut?

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengungkapkan penyebab banjir salah satunya karena beberapa sungaibesar di Kalteng alami pendangkalan.

“Kenapa banjir, menurut saya salah satunya karena 11 sungai terbesar di Kalimantan Tengah semuanya sudah mendangkal. Karena dangkal debit air pasti meluap,” katanya di Kuala Kapuas, Minggu (28/11).

Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalteng itu pun mencontohkan seperti yang terjadi pada Sungai Kapuas Murung. Di daerah bagian atas sungai tersebut sangat dalam, namun di muaranya dangkal.

“Sungai Kapuas Murung, itu di daerah bagian atasnya sangat dalam, tetapi di muaranya sangat dangkal sekali, itu sama seperti kita memuruk air,” ujarnya.

Karenanya hal ini diharapkan Ben dapat menjadi perhatian pemerintah pusat, bagaimana supaya 11 sungai terbesar di Kalteng tersebut dapat dikeruk.

“Apakah muara sungainya yang dikeruk atau di segmen-segmen tertentu. Karena banjir terjadi, salah satunya karena mendangkalnya sungai-sungai. Kenapa dangkal ya karena erosi dan lainnya,” pungkas Ben Brahim.

Pascabanjir Palangka Raya, Warga Tumbang Tahai Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

Komentar
Banner
Banner