Wisata Religi

Bangunan Masjid Luar Batang Jadi Destinasi Rohani Memikat

Bangunan bersejarah dan estetik dipadu nuansa Arab membuat Masjid Luar Batang memiliki daya tarik khusus.

Featured-Image
Bangunan estetik Mesjid Keramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. (Foto: apahabar.com/Ryan)

bakabar.com, JAKARTA - Bangunan bersejarah dan estetik menjadi daya tarik Masjid Luar Batang yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara.

Setiap harinya masjid yang dibangun sejak 1739 ini selalu ramai dikunjungi peziarah atau pun jemaah. Mayoritas mereka yang datang untuk berziarah atau pun menyempatkan salat lima waktu di mesjid tersebut.

Salah satu peziarah Rifki (26) mengaku masih berkesan dengan suasana saat beribadah di Masjid Luar Batang tersebut. Menurutnya bangunan estetik bernuansa Arab itu terasa saat memasuki kawasannya.

"Saya senang dengan budaya Arab yang kental di sini. Karena terlihat sekeliling banyak sekali orang-orang keturunan Arab di sini," ucap Rifki saat ditemui di lokasi, Kamis (22/6).

Baca Juga: Habib Husein, Ulama Asal Yaman Pendiri Masjid Luar Batang

Rifki menyebut para peziarah juga selalu meramaikan masjid Luar Batang ini. "Peziarah ramai juga. Jadi cocok untuk wisata religi di Jakarta," ujar Rifki.

Sementara peziarah lainnya Abedu (30) mengakui di tempat itu mereka yang berkunjung ke para penyiar agama Islam memiliki banyak hikmah. Pertama, mengingatkan tentang adanya kematian. Kedua, dia ingin meraih berkah.

"Ketiga, dengan berziarah, bisa lebih merendah dan mengingat bahwa hidup ini sudah di atur segalanya oleh Tuhan," ungkap Abedu.

Editor


Komentar
Banner
Banner