Pengisian Daya EV

Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Dirikan 616 SPKLU di Indonesia

PT PLN (Persero) mengungkapkan bahwa saat ini sudah tersedia 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai titik di Indonesia.

Featured-Image
PLN dirikan 616 SPKLU untuk pengisian daya baterai kendaraan listrik. Foto: dok. PLN

bakabar.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) mengungkapkan bahwa saat ini sudah tersedia 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai titik di Indonesia.

"Kami sudah memasang SPKLU di seluruh Indonesia totalnya ada 616 buah dan ada di 300 lokasi," ucap Direktur Niaga dan Retail PLN, Edi Srimulyanti saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, persebaran SPKLU di Indonesia masih diprioritaskan untuk jalur Trans Sumatra, Jawa, hingga Bali.

Infrastruktur tersebut juga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna kendaraan listrik pada saat musim arus mudik tahun ini.

Baca Juga: SPKLU di KTT ASEAN, PLN: Karena Semua Delegasi Gunakan Mobil Listrik

Sampai saat ini PLN belum menerima informasi mengenai kendala pada stasiun pengisian baterai yang terpasang.

PLN menyiapkan stasiun pengisian baterai bagi kendaraan roda empat dalam tiga jenis yaitu slow charging (pengisian daya lambat), fast charging (pengisian daya cepat), dan ultra fast charging (pengisian daya sangat cepat).

Sementara untuk kendaraan roda dua PLN menyediakan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) yang pengadaannya bekerja sama dengan pihak swasta dan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik, perusahaan BUMN itu membuka kesempatan bagi para perusahaan untuk bekerja sama dalam pengadaan SPKLU dan SPBKLU.

"Penyediaan SPKLU dan SPBKLU PLN tidak bisa berjalan sendiri. Memang listriknya dari PLN, tapi, mesin untuk pengisian atau penukaran baterai, kami tidak bisa menyediakan sendiri dan ini perlu kerja sama dengan berbagai pihak," kata Edi.

Baca Juga: SPKLU di Jalur Mudik, PLN Layani 'Charging' Cepat Mobil Listrik

PLN akan memberikan diskon bagi masyarakat yang memasang tempat pengisian baterai di rumah.

Tidak itu saja, masyarakat melakukan pengisian baterai pada pukul 22.00 hingga 05.00, PLN akan memberikan diskon sebesar 30 persen.

Mereka juga menghadirkan aplikasi PLN Mobile yang dapat membantu masyarakat pengguna kendaraan listrik di mana aplikasi tersebut dapat menampilkan titik lokasi SPKLU maupun SPBKLU.

Selain itu pengguna home charging (perangkat pengisian daya yang dipasang di rumah) dapat mengetahui daya listrik yang dihabiskan untuk mengisi kendaraannya melalui aplikasi PLN Mobile.

Editor
Komentar
Banner
Banner