Belitung Golf Championship Series II

Bangkitkan Pariwisata, Belitung Kembangkan 'Sport Tourism'

Pemerintah Kabupaten Belitung mengembangkan wisata olahraga 'sport tourism' guna membangkitkan pariwisata dengan lebih cepat.

Featured-Image
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) ketika bermain golf di Black Rocks Golf Belitung. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengembangkan wisata olahraga "sport tourism" di daerah itu guna membangkitkan pariwisata dengan lebih cepat.

"Kami meyakini wisata olahraga adalah salah satu cara untuk membangkitkan pariwisata dengan lebih cepat," kata Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie di Tanjung Pandan, Sabtu (20/5).

Hal ini disampaikan Wabup usai memimpin rapat persiapan pelaksanaan turnamen Belitung Golf Championship Series II di Black Rock Golfs Belitung, Sijuk, Sabtu (27/5) mendatang.

Menurut dia, sebanyak 72 pegolf dari luar daerah seperti DKI Jakarta dan wilayah sekitarnya akan berkompetisi dalam ajang tersebut.

Baca Juga: Nusantara Edupark, Tempat Wisata Edukasi Pertanian Anak di Madiun

"Ini adalah wisata berbasis olahraga, seri pertama sudah kami gelar yakni Bupati Cup dan ini pada seri kedua ini saya banyak mengundang peserta dari luar daerah," ujarnya.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. Foto: ANTARA
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. Foto: ANTARA

Ia mengatakan, turnamen golf Belitung Championship Series II digelar guna mempromosikan potensi wisata olahraga di Belitung.

"Sehingga lebih banyak orang yang datang menginap di hotel, berbelanja dengan mengeluarkan uang (spending money) dengan lebih banyak dan seterusnya," katanya.

Ia menambahkan wisata olahraga akan menambah warna baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Negeri Laskar Pelangi. Dikatakan Isyak selama ini pariwisata Belitung hanya dikenal dengan keindahan pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Baca Juga: Program 'Bangga Berwisata di Indonesia', Kemenhub Bangun Infrastruktur

"Sehingga pariwisata Belitung memiliki sisi lain yang bisa dijual selama ini tidak hanya dikenal dengan naik kapal ke pulau namun ada kegiatan lain," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Isyak, pemerintah daerah menyiapkan agenda wisata olahraga lainnya yang bisa dikembangkan di Belitung seperti paintball, banana boat, dan jet ski.

"Kemudian kegiatan lainnya juga akan kami kawinkan agar menjadi wisata olahraga yang satu," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner