Hot Borneo

Warga di Km 8 Balikpapan Panik! Bakar Sampah Malah Lahan yang Ludes

Warga Jalan Kesatrian RT 38 KM 8 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara mendadak panik pada Selasa (20/12).

Featured-Image
Kebakaran Lahan di KM 8 Balikpapan Utara. Foto: Info Bencana Kota Balikpapan

bakabar.com, BALIKPAPAN – Warga Jalan Kesatrian RT 38 Km 8 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan, Kaltim, mendadak panik pada Selasa (20/12).

Bagaimana tidak, api yang digunakan membakar sampah, tiba-tiba membesar dan merembet ke lahan di area pemukiman warga sekira pukul 18.40 Wita.

Kejadian tersebut bermula dari aktivitas pembakaran sampah oleh warga setempat. Lantaran tidak diawasi, api pun merambat pada tumpukan kayu palet hingga menyebabkan api membesar.

Kobaran api yang membumbung tinggi pun membuat masyarakat disekitar dan pengendara yang melintas panik.

“Saya kira tadi ada kebakaran rumah, sekalinya lahan, soalnya besar betul apinya eh, dari jauh aja sudah kelihatan,” kata Ardiansyah, warga sekitar.

Tak berhasil dipadamkan secara manual, warga pun menghubungi Petugas Pemadam Kebakaran untuk segera dipadamkan.

Tak berselang lama, 2 unit mobil damkar tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan proses pemadaman.

“Api berhasil diatasi sekitar pukul 19.30 Wita. Tidak ada korban jiwa, dan tidak ada rumah yang terbakar,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan, Silvia Rahmadina.

Pasca-kejadian ini, Silvia tak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pembakaran sampah secara sembarangan dan tanpa izin. Sebab selain merusak lingkungan, berpotensi menyebabkan kebakaran rumah.

“Imbauan kepada masyarakat agar tidak membakar sampah, sebab merusak lingkungan dan dapat menyebabkan kebakaran. Dimohon untuk memahami, jangan sampai ini terjadi kembali,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner