Tak Berkategori

Ayo! Dukung Pertamina IT Banjarmasin dan Pulau Curiak Raih Emas PROPER 2021

apahabar.com, BANJARMASIN – Pertamina Integrated Terminal (IT) Banjarmasin masuk dalam 84 perusahaan yang memenuhi nilai passing…

Featured-Image
Pertamina Integrated Terminal (IT) Banjarmasin masuk dalam 84 perusahaan yang memenuhi nilai passing grade EMAS. Foto-YouTube

bakabar.com, BANJARMASIN – Pertamina Integrated Terminal (IT) Banjarmasin masuk dalam 84 perusahaan yang memenuhi nilai passing grade EMAS.

Hal itu dikarenakan konsistensinya dalam melestarikan dan mengembangkan Pulau Curiak sebagai ekosistem lahan basah serta habitat bekantan.

Sekedar diketahui, Pertamina IT Banjarmasin telah meraih peringkat Hijau pada tiga periode penilaian PROPER sebelumnya.

Perusahaan yang memenuhi kriteria tersebut ditetapkan menjadi perusahaan kandidat Emas PROPER 2021.

Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Nomor SK.69/PPKL/SET/WAS.8/11/2021 tentang Penetapan Kandidat Emas Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Periode 2020-2021.

Rencananya penilaian sebagai peraih kandidat Emas PROPER 2021 akan dilakukan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada Pertamina IT Banjarmasin secara virtual, Kamis (2/12).

"Selain persentasi yang kami lakukan, nantinya penilaian peraih kandidat Emas PROPER 2021 juga dilihat dari banyaknya like and comment positif bagi program Inovasi Sosial CSR Pertamina C&T Regional Kalimantan IT Banjarmasin yang diupload di Youtube milik Ditjen PPKL," ungkap IT Manager Banjarmasin, F Moris Wungubelen melalui rilis tertulis yang diterima bakabar.com, Rabu (1/12) siang.

Ia berharap masyarakat Kalsel mendukung dengan cara menonton, like hingga menshare link https://www.youtube.com/watch?v=e0RSvBeK8KY agar Pertamina IT Banjarmasin dan Pulau Curiak bisa meraih Emas PROPER 2021.

"Dengan demikian, kita mendorong agar Pulau Curiak bisa lebih dikenal masyarakat luas, tidak hanya lokal dan nasional, namun juga dunia," tambahnya.

Sekedar diketahui, Destinasi Pulau Curiak yang berada di kawasan delta Sungai Barito, tepatnya di Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalsel, kini mulai dikenal luas oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Padahal sebelumnya Pulau Curiak hanya sebuah pulau kecil tidak terurus yang luasnya hanya 2,7 hektare.

Namun sejak dijadikan Stasiun Riset Bekantan oleh Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) pada Juni 2018, pulau ini sekarang cukup mendunia namanya di mata wisatawan minat khusus, baik itu peneliti hingga mahasiswa.

Kini Pulau Curiak sudah memiliki fasilitas pendukung wisata yang memadai setelah didukung oleh Pemkab Batola, Pertamina dan Pokdarwis setempat.

Mulai dari titian semi permanen, rumah singgah bagi peneliti, gazebo bersantai hingga perahu motor dan kapal kecil bagi wisatawan yang datang.

Bahkan sekarang turut dikembangkan kawasan wisata lain di sekitar Pulau Curiak, yaitu Taman Wisata Mangrove Rambai Centre untuk mengakomodir wisatawan umum.

Di Taman Wisata Mangrove Rambai Centre sudah mulai dibangun beberapa fasilitas untuk wisatawan umum, mulai dari guest house semi permanen, gazebo hingga titian jalan yang nantinya akan disambungkan dengan areal persawahan serta perumahan warga.

Untuk masyarakat sekitar juga kini diberikan berbagai pelatihan, mulai dari pembuatan produk khas Pulau Curiak yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang hingga pelatihan menjadi tour guide juga dilakukan agar masyarakat dapat meraih manfaat dari keberadaan Pulau Curiak. (*)

img

Komentar
Banner
Banner