Sport

Atlet RI Raih Juara Umum di ASEAN Para Games, Jokowi Beri Bonus Rp 309 M

Presiden Joko Widodo memberikan bonus kepada para atlet difabel yang berhasil menjadi juara umum di ajang ASEAN Para Games sebesar Rp 309 miliar

Featured-Image
Presiden Jokowi beri bonus atlet RI yang berlaga di ASEAN Para Games 2022 (Foto: tangkapan layar)

bakabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi bonus sebesar Rp 309 miliar bagi para atlet Indonesia yang berprestasi di ASEAN Paragames XI 2022.

“Pertama-tama saya berikan penghargaan dan apresiasi kepada saudara-saudara atas prestasi yang kalian raih di Solo,” kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/11) pagi.

“Atas motivasi, atas kerja keras bapak ibu saudara-saudara sekalian, pemerintah memberikan apresiasi bonus sebesar Rp309 miliar,” tambahnya.

Sebelumnya, pada ajang kompetisi olahraga difabel se-ASEAN yang berlansung sejak tanggal 30 Juli itu, kontingen Indonesia berhasil meraih juara umum di ajang tersebut.

Baca Juga: Preview dan Link Live Streaming Piala Dunia: Ghana Bawa Misi Wajib Menang

Orang nomor satu di Indonesia itu mengapresiasi kepada 324 atlet yang sudah mengharumkan nama Indonesia di ajang Asean Para Games ke-11 yang berlangsung di Solo.

Jokowi juga mengungkapkan bahwa kontingen Merah Putih berhasil mengoleksi total 425 medali di turnamen multicabang bagi para atlet penyandang disabilitas itu.

“Medali yang diraih adalah 425 medali, 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu,” ujarnya.

Presiden mengatakan prestasi atlet Indonesia di ASEAN Paragames XI merupakan kebanggan dan memberikan inspirasi bagi bangsa.

Baca Juga: Sosok Pendamping Jokowi di Panggung Nusantara Bersatu, Siapakah Mereka?

Terkait pembagian bonus, Presiden menyerah segala keputusan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang juga hadir dalam sambutan Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

“Nanti bagiannya seperti apa, pak Menpora. Seinget saya yang emas Rp500 juta. Jumlah yang tidak sedikit, untuk 1 medali emas atas prestasi yang bapak ibu dan saudara-saudara berikan kepada negara,” jelas Jokowi.

Jokowi mengharapakan kedepannya, prestasi meraih juara umum bagi Indonesia dapat berlanjut di ASEAN Paragames ke-12 dan ke-13 selanjutnya.

“Semoga nanti di Asean Paralympic yang ke-12 ke-13 terus raihan prestasi ini bisa kita pertahankan,” tutupnya.

Untuk diketahui, ASEAN Para Games edisi ke-11 sebelumnya direncanakan akan digelar di Vietnam. Namun karena satu dan lain hal penyelenggaraannya kemudian dialihkan di Kota Surakarta, Solo, Indonesia.

Dalam ajang turnamen difabel tersebut, total terdapat 1.243 atlet yang berkompetisi di ajang itu.

Indonesia selaku tuan rumah mengirimkan 324 atlet untuk berlaga di ajang tersebut dan ini menjadi yang terbanyak di antara negara ASEAN lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner