Polusi Udara Jakarta

Atasi Polusi Udara, Pemprov DKI Bakal Buka 800 RTH di Jakarta

Pemprov DKI Jakarta bakal membuka 800 titik ruang terbuka hijau (RTH) baru di Ibu Kota untuk mengatasi polusi udara di Ibu Kota.

Featured-Image
Arsip foto - Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Selasa (25/7/2023). Berdasarkan data IQAir Jakarta pukul 16.29 WIB, Jakarta tercatat menjadi kota dengan kualitas udara dan polusi terburuk di dunia dengan nilai indeks 168 atau masuk kategori tidak sehat. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membuka 800 titik ruang terbuka hijau (RTH) baru di Ibu Kota untuk mengatasi polusi udara di Ibu Kota.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengklaim Pemprov DKI sejauh ini konsisten menanam pohon untuk menghijaukan Kota Jakarta.

Per Juli 2023, sebanyak 25 ribu pohon setinggi tiga meter telah ditanam oleh Pemprov DKI, seperti Ketapang Cendana dan Tabebuya.

"Tahap pertama 256 titik di tiap kelurahan, kemudian itu terus berlanjut hingga 800 titik," ujar Heru Budi di Jakarta Timur, Sabtu (19/8).

Baca Juga: Ibu Hamil Wajib Hati-hati, Janin di Dalam Kandungan Bisa Terpapar Polusi

Dalam rangka memperbaiki kualitas udara Jakarta, Pemprov DKI bekerja sama dengan pihak swasta untuk menanam seribu pohon Ketapang Kencana sepanjang 4,2 kilometer di kolong Tol Becakayu itu.

Piluhab pohon Ketapang karena ia menjadi salah satu pohon yang dapat membantu menyerap polutan di udara.Heru pun mengapresiasi pihak swasta yang bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta dalam membantu mencegah dampak, serta memperbaiki kualitas udara.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak swasta, Maybank, yang mau bersinergi dengan kami. Sebelumnya, ada Antam juga ikut membantu menanam pohon," katanya.

Baca Juga: Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI: Solusinya WFH hingga Uji Emisi

Sebelumnya, kawasan kolong Tol Becakayu itu telah ditanam tanaman produktif seperti bayam, kangkung, cabai, dan sawi.

Heru menjelaskan, dengan penghijauan di setiap tiga meter dari kawasan ini juga dapat menurunkan suhu minimal dua derajat dan berperan sebagai ketahanan pangan yang dapat dimanfaatkan warga sekitar.

Khusus di kawasan Tol Becakayu, kata Heru, ada penghijauan yang dilakukan sepanjang 5,2 kilometer yang sudah dan akan terus dilakukan.

"Jadi, bisa dihitung bahwa kita sudah menyumbang nilai positif untuk menurunkan suhu. Karena, sudah banyak pohon yang kita tanam di sini," tukas Heru.

Editor


Komentar
Banner
Banner