Tak Berkategori

Asri Anjar dari Balangan Juara Umum Napak Tilas 2019

apahabar.com, KANDANGAN – Sebanyak 125 tim telah menyelesaikan napak tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divis…

Featured-Image
Bupati Drs H Achmad Fikry MAP didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad SAP MA saat serahkan tropi kepada juara umum Napak Tilas di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan. Foto-Humas HSS

bakabar.com, KANDANGAN – Sebanyak 125 tim telah menyelesaikan napak tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divis IV Pertahanan Kalimantan 2019 di HSS.

Namun, setelah tiga hari menelusuri jejak perjuangan, keluar sebagai juara umum Tim Asri Anjar dari Kabupaten Balangan.

Baca Juga: Meriahnya Malam Keakraban Napak Tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV

Napak tilas sendiri dimulai sejak, Senin (29/04/2019) malam dan berakhir Kamis (02/05/2019) pagi.

Dalam lomba Napak Tilas juga dipilih dua orang pemenang. Untuk kategori tokoh Brigjen H Hasan Basry yang diraih oleh Umat dari Tim SMKN I Kusan Hilir dengan nomor tim 011. Sementara tokoh Aluh Idut diraih oleh Saidatul Nafisah dari Tim Basgiber dengan nomor tim 030.

Penyerahan tropi dilakukan oleh Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry MAP didampingi Wakilnya Syamsuri Arsyad SAP MA, Ketua DPRD H Akhmad Fahmi SE, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta perwakilan Danlanal Banjarmasin.

Penyerahan tropi tersebut dilakukan usai upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, Kamis (2/5/2019), di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Tak hanya tropi, peserta yang juara juga berhak mendapatkan uang pembinaan kepada juara umum.

Adapun dalam rangka acara ini juga digelar berbagai lomba seperti Baca Puisi, Lagu Perjuangan, Sumpit, dan Dagungan.

Kemudian diberikan juga hadiah kepada kelompok peserta Napak Tilas yang dinilai berdasarkan Kategori Disiplin, Penghayatan, Keutuhan Tim, dan Favorit.

Sementara itu, Syamsuri Arsyad yang juga ketua DHC 45 mengatakan, HSS harus mewariskan nilai-nilai perjuangan.

Disebutkan, 17 Mei merupakan moment untuk mengeksploitasi kesejarahan lahirnya teks proklamasi jadi sebuah kekuatan lokal.

Menurut Syamsuri, hal tersebut penting diketahui masyarakat yang diperkirakan masih banyak belum mengetahui sejarah tersebut.

HSS yang ditopang tiga kekuatan yaitu Pertanian, UKM daan Pariwisata sebut Wabup, harus memanfaatkan momen napak tilas untuk menarik orang datang ke Bumi Antaludin.

Harapannya dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. "Selain itu, ada daya tarik baru untuk banyak orang datang. Seperti diadakannya Festival kuliner makanan pejuang dan kegiatan inovatif lainnya, yang diminati generasi muda," katanya.

Baca Juga: Pawai Obor Tandai Napak Tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV 2019 Dimulai

Reporter: Ahc01
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner