Asal Usul

Asal-usul Pakaian Adat Sari, Bagian Dari Budaya Kompleks India

India dikenal sebagai kiblat busana Asia dengan kelekatan budaya yang kental dan pakaian yang unik nan mempesona, salah satunya baju adat tersebut adalah Sari.

Featured-Image
"Dabbawalas" atau pembawa tiffin membeli sebuah kain sari, kain tradisional perempuan India dan Kurta sebagai hadiah untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk acara pernikahan mereka. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – India dikenal sebagai kiblat busana Asia dengan kelekatan budaya yang kental dan pakaian yang unik nan mempesona, salah satunya baju adat tersebut adalah Sari.

Pakaian Adat Sari memiliki pengaruh besar bagi kebudayaan India karena melambangkan kehormatan, keanggunan, dan keanekaragaman budaya, serta memiliki nilai sejarah tinggi  selama berabad-abad.

Asal-usul Sari terkait dengan evolusi peradaban, perdagangan, dan interaksi pengaruh budaya yang rumit.

Dilansir TimesofIndia, Jumat (18/8), waktu pasti munculnya Sari sulit untuk ditentukan, namun akarnya dapat ditelusuri kembali ke India kuno, yakni sejak 2800-1800 sebelum masehi (SM), atau selama peradaban kuno Lembah Indus, yang sekarang merupakan wilayah Pakistan dan India barat.

Penggalian Lembah Indus telah menghasilkan pahatan dan arca yang menggambarkan kain terbungkus yang sangat mirip dengan Sari modern. Penggambaran awal ini mengungkapkan pakaian yang melilit tubuh, menonjolkan kecanggihan teknik tekstil India kuno.

Baca Juga: 19 Agustus: Hari Orangutan Internasional

Sejarah

Abad tersebut menjadi awal evolusi Sari. Periode Veda (1500-500 SM) membawa perubahan gaya pakaian, dengan mengacu pada kain tanpa jahitan yang dikenakan oleh wanita.

Istilah “Sari" sendiri diyakini berasal dari kata Sansekerta “Sattika", yang merujuk pada sehelai kain yang dililitkan di tubuh.

Hal itu  menandai awal dari Sari seperti yang kita kenal sekarang, ditandai dengan bentuknya yang tidak dijahit dan kain yang serbaguna. Selama berabad-abad, berbagai dinasti dan kerajaan, seperti Maurya, Gupta, dan Mughal, berkontribusi pada perkembangan pakaian adat Sari.

Periode Mughal, khususnya, memainkan peran penting dalam membentuk estetika Sari. Mughal memperkenalkan sulaman rumit, kain mewah seperti sutra, dan perpaduan elemen desain Persia dan India.

Baca Juga: Mengenal Tiga Pengibar Bendera Pertama pada Masa Kemerdekaan

Beawal dari konsep itu lahirlan gaya ikonik yang dikenal sebagai karya "zari" atau "zardozi". Pada periode ini sari tidak hanya menjadi pakaian fungsional tetapi juga kanvas sebagai ekspresi artistik.

Saat rute perdagangan meluas dan interaksi budaya berkembang, pengaruh Sari melampaui batas. Budaya itu menemukan jalann ke berbagai daerah di India, masing-masing memberi garmen dengan rasa yang berbeda.

Gaya India bagian Gujarati, misalnya, memamerkan warna-warna cerah dan karya cermin, sedangkan gaya Bengali menekankan tekstur yang kaya dan batas hiasan.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner