Tahun Baru 2023

Asal Usul Car Free Night di Malam Tahun Baru

Menjelang perayaan malam pergantian tahun di Jakarta, ada banyak lokasi Car Free Night (CFN) yang diberlakukan saat kemeriahan malam Tahun Baru 2023.

Featured-Image
Suasana saat Car Free Night di Bundaran HI. Foto: Merdeka.

bakabar.com, JAKARTA – Menjelang perayaan malam pergantian tahun di Jakarta, ada banyak lokasi Car Free Night (CFN) atau malam bebas kendaraan yang diberlakukan saat kemeriahan malam Tahun Baru 2023.

Mengingat saat pandemi perayaan ini terbilang tidak meriah. Jadi, bisa dipastikan jika perayaan kali ini bakal lebih semarak.

Pada saat Car Free Night itu, semua kendaraan tidak boleh melintas di sepanjang jalur, sama seperti Car Free Day pada hari Minggu pagi. Pengendara yang akan melintas dialihkan melewati jalan lain yang tidak ditutup.

Penutupan jalan dilakukan karena Pemprov DKI akan menyelenggarakan acara Malam Muda-Mudi 2023 di sepanjang areanya. Lantas, sejak kapankah pemberlakuan CFN ini dilakukan?

Asal Mula Car Free Night di Jakarta

CFN merupakan perayaan di sepanjang jalan utama kota di malam hari, dengan menutup akses kendaraan bermotor layaknya hari bebas kendaraan di Car Free Day.

Ide ini dipopulerkan oleh Joko Widodo pada masa awal kepemimpinannya di DKI Jakarta untuk merayakan Tahun Baru 2013, walaupun sebenarnya telah lebih dahulu diwujudkan di Solo, Jawa Tengah pada tahun 2011.

Kala itu, dengan terpilihnya Jokowi sebagai Gubernur Jakarta yang sebelumnya menjabat sebagai Wali Kota Solo, maka dirinya pun melakukan perayaan serupa di penghujung tahun 2012.

Perayaan ini dilakukan dengan menutup jalan Jendral Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, atau kawasan Bundaran Senayan hingga Silang Monas, sepanjang 6,6 kilometer. Car Free Night 2012 dimulai dari 31 Desember 2012 pukul 9 malam hingga 2 pagi keesokan harinya.

Car Free Night 2023

Polda Metro Jaya akan mulai menutup akses menuju Jalan Sudirman-Thamrin pada Sabtu (31/12) mulai pukul 18.00 WIB. Setelah penutupan, petugas akan memulai sterilisasi Jalan Sudirman-Thamrin, mulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

Selanjutnya pada pukul 20.00 WIB akses kendaraan bermotor menuju kawasan Sudirman-Thamrin akan ditutup total, atau hanya bisa dimasuki oleh pejalan kaki.

Penutupan Jalan Sudirman-Thamrin dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (1-1-2023) pukul 02.00 WIB.

Panggung Hiburan di Jalur CFN

Panggung pertama berlokasi Pos Bloc akan mengusung genre bloc party. Panggung kedua berlokasi di Sarinah akan menampilkan wayang kulit, musik pop, dan joki cakram (disc jockey/DJ).

Panggung ketiga berada di MRT Bundaran HI akan tampil dengan sajian musik jazz. Selanjutnya panggung keempat di Bundaran HI Jalan Imam Bonjol akan menampilkan musik dangdut koplo dan campursari.

Panggung kelima berada di depan Gedung Da Vinci akan menampilkan musik campursari. Panggung keenam di SCBD akan menghadirkan musik retro pop.

Panggung ketujuh di F.X.Sudirman hadir dengan genre pop rock dan panggung kedelapan di M Block Space dengan genre bloc party. 

Editor


Komentar
Banner
Banner