Apple Watch

Apple Watch versi iOS 10 Akan Bawa Peningkatan yang Fokus pada Widget

Apple berencana melakukan perubahan dan peningkatan besar perangkat lunak watchOS pada jam tangan Apple Watch setelah hadir pertama kali tahun 2015.

Featured-Image
Apple WatchOS 10 (Foto: GSMArena)

bakabar.com, JAKARTA - Apple berencana melakukan perubahan dan peningkatan besar perangkat lunak watchOS pada jam tangan Apple Watch setelah hadir pertama kali tahun 2015 lalu.

Berdasarkan laporan Bloomberg, Senin (30/4), saat perusahaan meluncurkan Apple Watch pada 2015, watchOS hadir dengan empat fitur utama yakni tampilan jam, antarmuka widget yang disebut Glances, layar beranda yang diisi dengan ikon aplikasi dan area untuk mengakses kontak.

Dalam beberapa tahun, Apple menyesuaikan strateginya, membuang widget dan kontak yang sering digunakan untuk menyoroti notifikasi dan kemampuan multitasking.

Namun, Apple akan mengembalikan fitur widget, dan menjadikannya sebagai fitur utama watchOS 10. Dalam update di watchOS 10, para pengguna akan dapat menelusuri widget yang interaktif.

Baca Juga: Apple Siap Kembangkan Aplikasi Jurnal untuk iPhone, Apa Fungsinya?

Desain antarmuka atau user interface (UI) baru juga kemungkinan akan dibuat menyerupai tampilan jam dan tumpukan widget Siri yang diperkenalkan di iOS dan iPadOS.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Digital Crown yang akan digunakan untuk membuka widget, ketimbang untuk membuka home screen.

Seperti yang diketahui, dalam beberapa tahun ke belakang, Apple hanya menambahkan fitur baru untuk watchOS, tanpa adanya perubahan UI yang siginifikan.

Ditambah lagi, tahun ini merupakan ulang tahun ke-10 untuk watchOS, yang bisa menjadi alasan utama Apple untuk melakukan perombakan itu.

Baca Juga: Apple Siap Hadirkan Laptop Macbook Air dengan Layar 15 Inci

Selain itu, perusahaan dikabarkan sedang mengerjakan layanan pelatihan kesehatan bertenaga AI baru yang disebut Quartz yang memungkinkan kita akan melihat beberapa integrasi mendalam dengan teknologi tersebut.

Perilisan watchOS ini disebut akan menjadi yang terbesar sejak awal kehadirannya, di mana watchOS 10 kemungkinan besar akan mencuri perhatian dalam gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) tahun ini.

Bisa jadi juga produk mixed-reality headset yang akan menjadi bintang pertunjukan kali ini? Kita semua harus menunggu hingga WWDC 2023 di bulan Juni nanti.

Editor


Komentar
Banner
Banner