Tak Berkategori

APD Vaksinator di Balikpapan Bikin Gemes, Lebih Irit dan Efisien

apahabar.com, BALIKPAPAN – Ada yang berbeda dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Gedung Balikpapan Sport Convention Center…

Featured-Image
Tenaga vaksinator di Dome Balikpapan menggunakan Gown. Foto-apahabar.com/Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Ada yang berbeda dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Gedung Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome, Kaltim, belakangan ini.

Ya, tenaga vaksinator menggunakan alat pelindung diri (APD) berbeda dari biasanya.

Kalau sebelumnya vaksinator menggunakan APD berwarna putih polos atau hijau. Kali ini APD yang digunakan cukup lucu dan bikin gemes. Dengan corak yang unik, APD yang digunakan penuh dengan tulisan yang menjadi pembeda.

APD tersebut bernama Gown atau yang akrab disebut gaun medis ini mulai digunakan oleh tenaga medis khususnya vaksinator di Balikpapan. Busana medis ini memiliki sejumlah model yang cantik, lucu dan anggun.

img

“Gown itu macam-macam, ada yang disposible atau sekali pakai buang, ada yang bisa dipakai berkali-kali. Karena dana juga terbatas kita harus berpikir yang lebih efektif dan efisien. Ini kan kegiatan rutin, perlu pelindung diri, jadi kita kasih gown yang dipakai berulang,” kata Yogik Wahyudianto, Kasi Farmasi Dinkes Balikpapan.

Awalnya pihaknya membeli beberapa sampel untuk digunakan tenaga vaksinator. Setelah dirasa cocok dan nyaman, pihaknya membeli dalam jumlah banyak untuk dibagikan kepada tenaga vaksinator yang bertugas di BSCC Dome.

“Beli nya di distributor luar daerah. Harganya Rp 200 ribu satu paketnya tapi bisa dipakai berkali-kali. Kalau yang sebelumnya kan hanya satu kali pakai saja, jadi ya lebih irit dan efisien,” ujarnya.

Ke depan pihaknya akan menerapkan pemakaian gown ini di seluruh puskesmas di Balikpapan.

“Ke depan memang kita akan coba pada teman-teman di puskesmas, cuma sekarang kita fokus di sini karena, kan kegiatan di sini rutin,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner