APBD 2024

APBD 2024 di Solo Capai Rp2,2 Triliun, Gibran: Segera Dieksekusi

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 Kota Solo segera dieksekusi demi kepentingan masyarakat.

Featured-Image
Gibran ditemui di Balaikota Solo. Foto: apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 Kota Solo segera dieksekusi demi kepentingan masyarakat.

"Ya segera dieksekusi saja untuk kepentingan warga, ya," katanya usai menyerahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 di Pendapi Gede Balaikota Solo, Kamis, (28/12).

Seperti tahun-tahun sebelumnya,Gibran berpesan agar penggunaan APBD dilakukan secara hati-hati.

Baca Juga: Omong Kosong Gibran soal Indonesia Jadi Raja Energi Hijau

Diketahui besaran APBD pada tahun 2024 yang diperoleh Kota Solo, untuk anggaran pendapatan sebesar Rp2,236 triliun.

Sementara itu, menurut Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Solo, Tulus Widajat mengungkapkan angka tersebut mengalami peningkatan 6,15 persen dibandingkan APBD 2023 sebesar Rp2,201 triliun.

"Pendapatan itu kan ada PAD, pendapatan transfer, ada lain-lain pendapatan daerah yang sah. Itu sumber pendapatan kami. Sumber pendapatan kita ada tiga besaran itu totalnya Rp2,236 triliun," terangnya.

Baca Juga: Gibran Obral Jargon, IESR Bandingkan Capaian EBT Era SBY dan Jokowi

Sedangkan, untuk total anggaran belanja pada tahun 2024 sendiri sebesar Rp2,390 triliun atau naik 1,01 persen jika dibandingkan tahun 2023 sebesar Rp2,332 triliun.

"Jadi ada defisit sekitar Rp153,981 miliar. Ini ditutup dengan penerimaan pembiayaan. Jadi kembali ke prinsip bahwa anggaran kami berimbang, artinya selisih antara pendapatan dan belanja ditutup oleh pembiayaan daerah," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner