Kalteng

Antisipasi Luapan Sungai Bengaris, PUPR Barito Utara Pasang Pompa Air

apahabar.com, MUARA TEWEH – Menyikapi peningkatan curah hujan, Dinas PUPR Barito Utara, mulai memasang pompa air…

Featured-Image
Sejumlah warga melintasi banjir yang melanda Muara Teweh akibat luapan Sungai Bengaris di akhir Oktober 2020. Foto: Antara

bakabar.com, MUARA TEWEH – Menyikapi peningkatan curah hujan, Dinas PUPR Barito Utara, mulai memasang pompa air di aliran Sungai Bengaris, Minggu (24/1).

Sungai Bengaris merupakan anak Sungai Barito di Muara Teweh. Ketika curah hujan meningkat, sungai tersebut kerap meluap, seperti yang terjadi di akhir Oktober 2020.

“Pemasangan pompa ini merupakan upaya mengantisipasi banjir yang sering terjadi di Sungai Bengaris, terutama hujan lebat dan relatif lama,” papar Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, seperti dilansir akurat.co.

Guna mendukung efektivitas pemasangan pompa air, Pemkab Barito Utara juga berkoordinasi dengan Kodim 1013 Muara Teweh.

“Mudah-mudahan kedepan kami bisa mengantisipasi banjir, terlebih di musim penghujan seperti sekarang,” beber Nadalsyah.

Dinas PUPR juga menurunkan dua unit alat berat untuk membersihkan aliran Sungai Bengaris di kawasan Kompi Antang di Jalan Pramuka.

“Direncanakan pompa air yang menggunakan pipa ukuran 10 inch milik PDAM Barito Utara, dipasang di bawah jembatan Jalan Sudirman,” timpal Muhammad Iman Topik, Kepala Dinas PUPR Barito Utara.

Kemudian air di bawah jembatan dialirkan melalui pipa yang berada di atas tanah sepanjang sekitar 420 meter ke jembatan di Jalan Simpang Bappeda.

“Pompa air ini dioperasikan apabila terjadi hujan lebat yang berpotensi banjir. Di antaranya Jalan Ronggolawe dan Jalan Belakang Bappeda,” tandas Topik.



Komentar
Banner
Banner