News

Antisipasi Lonjakan Penumpang, KSOP Sampit Atur Jadwal Bongkar Muat

mengantisipasi lonjakan arus mudik menggunakan kapal laut, KSOP Kelas III Sampit akan melakukan pengaturan jadwal bongkar muat barang di Pelabuhan Sampit.

Featured-Image
Kantor KSOP Kelas III Sampit, Selasa (19/3/2024). Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT -  Mengantisipasi lonjakan penumpang kapal laut, Kantor Kesyahbandaran Otoritas dan Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit mengatur jadwal bongkar muat barang di Pelabuhan Sampit.

"Pada arus mudik ini, pastinya kita prioritaskan kapal angkutan penumpang. Dan jika terjadi lonjakan, maka jadwal aktivitas bongkar muat barang akan digeser atau dialihkan," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha KSOP Kelas III Sampit, Natanael Sitorus, Selasa (19/3/2024).

Pihak KSOP Sampit memperkirakan, tahun 2024 ini jumlah masyarakat yang mudik kemungkinan ada peningkatan dibandingkan tahun lalu.

"Kemungkinan ada lonjakan penumpang tahun ini, karena tahun lalu masih dalam suasana pasca covid. Untuk persentasinya nanti akan kita ekspos juga mendekati hari H lebaran," ucap Natanael Sitorus.

Aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Sampit. bakabar.com/Ilhamsyah Hadi
Aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Sampit. bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

Diakuinya, arus mudik lebaran sudah mulai terlihat adanya peningkatan. Meski demikian, untuk segala kesiapan penanganan arus mudik, KSOP Sampit masih menunggu arahan dari Pusat.

"Karena pelabuhan Sampit ini merupakan salah satu pantauan pusat terkait pergerakan arus mudik, dan ini dilakukan setiap tahun," jelasnya

"Dalam waktu dekat ini, KSOP Sampit juga akan menggelar rapat bersama instansi terkait, seperti Pelindo Sampit, Dishub dan Dinsos Kotim, Kepolisian, TNI serta instansi lainnya seiring persiapan pengamanan arus mudik lebaran," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner