News

Animo Warga Perumnas Sampit Berkurban Tinggi

Antusias warga komplek Perumnas Sampit, berkurban di tahun 2024 ini cukup tinggi dibandingkan tahun 2023 lalu.

Featured-Image
Suasana warga Komplek Perumnas Sampit, yang tergabung di jamaah Masjid Thoriqotul Jannah, sedang melakukan pemotong hewan kurban. Senin (17/6/2024). Foto - bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - Penyembelihan hewan kurban mulai dilakukan sejumlah panitia kurban di kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, Senin (17/6/2024). 

Sebelum disembelih, pihak panitia kurban juga sudah memastikan hewan dalam keadaan sehat, seperti kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan Masjid Thoriqotul Jannah di Komplek Perumnas, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Animo warga perumas berkurban di tahun 2024 ini terbilang cukup tinggi, jika pada tahun 2023 lalu jumlah hewan yang di kurbankan melalui Masjid Thariqatul Jannah Perumnas sebanyak 10 ekor sapi dan tak ada kambing. Namun tahun ini bertambah menjadi 11 ekor sapi dan 7 ekor kambing. 

"Sebanyak 10 ekor hewan kurban sapi dari jamaah dan warga komplek Perumnas, sedangkan satu ekornya lagi dari Gubernur Kalteng," kata Ketua PHBI Masjid Thoriqotul Jannah Purnomo Hadi.

Suasana warga bergotong royong menguliti dan memotong daging hewan kurban. Senin (17/6/2024). Foto - bakabar.com/Ilhamsyah Hadi
Suasana warga bergotong royong menguliti dan memotong daging hewan kurban. Senin (17/6/2024). Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

Diterangkan, untuk relawan yang tergabung jadi panitia kurban semuannya dilakukan secara gotong-royong oleh warga komplek dan sekitar perumahan tersebut.

"Untuk tukang jagal atau sembelih kurban dari panitia masjid sendiri, dan yang bertugas menguliti sapi khusus kita datangkan dari pihak yang mengantar sapi kurban. Sedangkan yang menimbang daging dan memotong tulang semuannya dari warga komplek ini," paparnya.

Selain itu, Purnomo Hadi memastikan, seluruh sapi kurban dalam keadaan sehat selah melalui tahap karantina maupun pemeriksaan dari dokter hewan.

"Ditempat kami ada yang bekerja di kehewanan dan berlangganan memeriksa hewan kurban setiap tahunnya, insya allah semua hewan kurban disini sehat," jelasnya.

Sementara itu, untuk proses pembagian daging kurban warga telah diarahkan mengambil langsung di masjid dengan membawa kupon yang telah dibagikan.

"Ada sekitar 1.300 kupon yang sudah dibagikan, selain warga komplek ini, kita juga membagikan kepada pihak yang berhak menerima daging kurban ini," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner