Sport

Angin Surga Untuk Piala AFF, Diwacanakan Masuk Kalender FIFA

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menghembuskan angin surga untuk Piala AFF.

Featured-Image
Presiden FIFA Gianni Infantino memberi penghormatan kepada kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan, sebelum menyerahkan Piala AFF. Foto: AFP

bakabar.com, JAKARTA - Presiden FIFA, Gianni Infantino, menghembuskan angin surga untuk Piala AFF.

Dengan klaim melihat potensi besar, Infantino mewacanakan agar turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut masuk dalam kalender FIFA.

"Piala AFF harus ditingkatkan menjadi turnamen FIFA days," papar Infantino sebelum final leg kedua final Piala AFF 2022 di Thammasat Stadium, seperti dilansir CNN.

"Saya yakin kalau semua pihak bekerja sama, Piala AFF akan menjadi semakin besar dengan persetujuan FIFA," imbuhnya.

Sudah digelar sejak 1996 dengan nama Piala Tiger, Piala AFF masih belum masuk kalender FIFA. Imbasnya tak semua klub bisa melepas pemain yang berasal dari Asia Tenggara.

Baca Juga: Maaf Timnas Indonesia, Thailand Juara Piala AFF Lagi

Masalah itu kemudian berimbas kepada Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Pelatih Shin Tae-yong tak bisa memanggil Sandy Walsh dan Elkan Baggott yang tidak diizinkan klub masing-masing.

Salah satu potensi yang dinilai bisa meningkatkan level Piala AFF dalam agenda kejuaraan FIFA adalah jumlah penonton.

"Dengan populasi lebih dari 650 juta orang, sebagian besar masyarakat di kawasan AFF menyukai sepak bola," tegas Infantino.

"Saya juga berharap setidaknya salah satu negara di Asia Tenggara bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2026. Terleih slot Asia untuk Piala Dunia bertambah menjadi 8,5," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner