Hot Borneo

Angin Puting Beliung Rusak 3 Rumah Warga di Hiyung Tapin

Sejumlah rumah warga di Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin rusak setelah di terjang angin puting beliung, Jumat (19/5).

Featured-Image
Anggota Satgas BPBD Tapin saat lakukan groundcheck lokasi Angin Puting Beliung di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin. Foto - Posdalups-PB BPBD Tapin.

bakabar.com, RANTAU - Sejumlah rumah warga di Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin rusak setelah diterjang angin puting beliung, Jumat (19/5) petang.

Kerusakan umumnya terjadi di bagian atap. Setidaknya ada tiga rumah warga di Desa Hiyung tepatnya di jalan Hakim Samad RT. 002 RW. 001 Kecamatan Tapin Tengah, Kabupaten Tapin yang mengalami kerusakan.

Anggota Satgas BPBD Tapin, M Azrul Aziz mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari masyarakat, pada pukul 16.30 terjadi hujan deras disertai angin kencang hingga mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak. Kerusakan pada atap dan dinding rumah.

"Kejadian angin puting beliung diduga akibat cuaca ekstrem, laporan masuk sekitar pukul 16.43 WITA. Ada tiga rumah yang terdampak," ujar.

"Mulai dari atap hingga sebagian dinding rumah warga rusak akibat angin puting beliung. Warga terdampak 3 KK 9 jiwa," pungkas Aziz.

Operator Pusdalops-PB BPBD Tapin, Muhammad Ikhsan menambahkan pihaknya bersama Anggota Satgas dan Tim TRC melakukan groundcheck pendataan warga terdampak ke lokasi kejadian bencana.

Rumah rusak berat milik Arjam dan rumah rusak sedang milik Mardiah dan Rahimah.

"Kerugian yang disebabkan kerusakan akibat angin puting beliung pada tiga rumah tersebut ditaksir kurang lebih mencapai Rp 40 juta," terang Ikhsan.

Saat ini warga masih membersihkan puing-puing rumah yang rusak, dan rumah belum diperbaiki karena perlu penanganan lanjut oleh pihak terkait.

Editor
Komentar
Banner
Banner