IKN Nusantara

Aneka Sayuran, Bupati Tabalong: Petani Lokal Kirim ke Wilayah IKN

Bupati Tabalong Kalimantan Selatan Anang Syakhfiani menjelaskan petani mulai mengirim aneka sayuran dan produk hortikultura ke IKN Nusantara.

Featured-Image
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat melepas mobil pengiriman produk hortikultura ke wilayah IKN Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat (23/6/2023). Foto: Pemkab Tabalong

bakabar.com, JAKARTA - Bupati Tabalong Kalimantan Selatan (Kalsel) Anang Syakhfiani menjelaskan petani setempat mulai mengirim aneka sayuran dan produk hortikultura lainnya ke wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur.

Anang menyebutkan petani lokal Tabalong mengirimkan produk pertanian, seperti terong, tomat, cabai tiung dan pare dari Desa Kembang Kuning dan Desa Catur Karya Kecamatan Haruai.

"Produk hortikultura Tabalong mulai kita pasok ke wilayah IKN dan ini merupakan langkah maju dalam wujudkan Tabalong sebagai produsen pangan," kata Anang di Tanjung, Jumat (23/6).

Produk hortikultura yang disuplai ke wilayah IKN mencakup 144 kilogram terong, 25 kilogram pare, 217 kilogram tomat dan 67 kilogram cabai tiung. Dengan menggunakan empat unit truk produk hortikultura dilepas Bupati Tabalong di kawasan Pasar Agribisnis Kembang Kuning Kecamatan Haruai.

Baca Juga: KPK Siap Kawal Otorita IKN Wujudkan Pemerintahan Bersih Korupsi

Anang menuturkan pengiriman produk hortikultura Tabalong ke provinsi tetangga memberikan pengaruh terhadap pasar. Selain itu pasar agribisnis Desa Kembang Kuning yang sempat 'mati suri' akan hidup kembali dengan pengiriman ini.

Kini, Pemkab Tabalong terus mengembangkan kampung hortikultura dengan target 10 lokasi yang dicanangkan sejak 2022. Lima desa yang akan dikembangkan menjadi kampung hortikultura pada 2023 meliputi Desa Seradang, Desa Bongkang, Desa Nawin, Desa Hayub dan Desa Wirang.

Sebelumnya, lima desa, yakni Desa Lok Batu, Desa Masingai I, Desa Masingai II, Desa Kembang Kuning dan Desa Catur Karya telah mendapat bantuan benih, pupuk dan perlengkapan pertanian terkait program kampung hortikultura.

Dengan penambahan lokasi kampung hortikultura ini diharapkan dapat meningkatkan produksi komoditas tanaman hortikultura menyusul makin tinggi kebutuhan di Tabalong maupun luar kabupaten.

Editor


Komentar
Banner
Banner