News

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan, Tim SAR Swiss Perluas Area Pencarian

apahabar.com, JAKARTA – Anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hanyut di…

Featured-Image
Emmeril Kahn, anak Ridwan Kamil Foto- Instagram @ataliapr/ @emmerilkahn

bakabar.com, JAKARTA – Anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) hanyut di Sungai Aare, Swiss. Petugas masih melakukan pencarian terhadap Eril.

Berikut sejumlah hal yang diketahui soal pencarian Eril di Swiss:

1. Terseret Arus Usai Berenang

Eril hilang ketika berenang di Sungai Aare. Pihak keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, menjelaskan kronologi kejadian yang menimpa Eril.

“Kronologisnya Eril berenang di Sungai Aare, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya,” ucap Elpi, saat dikonfirmasi oleh wartawan, Jumat (27/5/2022).

2. Eril Bisa Berenang

Pihak keluarga menjelaskan Eril bisa berenang dengan baik. Elpi mengatakan Sungai Aare merupakan tempat wisata di Swiss.

“Memang sungai yang biasa untuk orang berenang, bukan sungai yang sepi tiba-tiba (Eril) loncat,” kata Elpi.

Elpi menjelaskan setiap orang memiliki pengalaman berbeda saat berenang di sungai. Dia memastikan keponakannya itu bisa berenang.

“Eril perenang dan diving juga,” ucap Elpi, kutip Detik.com.

3. Lebih dari 24 Jam Belum Ditemukan

Eril belum ditemukan. Tim SAR Swiss pun memperluas area pencarian.

Berdasarkan keterangan dari KBRI Bern, laporan hilang kontak anak Ridwan Kamil diterima pada Kamis (26/5/2022) pukul 11.00 CEST (Central European Summer Time) atau 16.00 WIB. Hingga Jumat (27/5/2022) pukul 21.00 WIB, Eril, anak Ridwan Kamil, belum ditemukan.

Ini berarti sudah 24 jam berlalu sejak KBRI Bern menerima laporan hilang kontak anak Ridwan Kamil.

4. Polri Kirim Yellow Notice

Polri turun tangan. Polri melakukan kerja sama dengan Kepolisian Swiss soal perkembangan pencarian Eril.

“Secara informal kita menanyakan melalui jalur P to P (police to police) ke pihak Swiss perkembangan penanganan hal tersebut,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Dedi mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Polda Jabar untuk meminta yellow notice dikeluarkan. Nantinya yellow notice akan dikirimkan ke Interpol Swiss dan yang lainnya.

“Identitas korban sedang kita mintakan via Polda Jabar, untuk kita mintakan yellow notice (pencarian orang) ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya,” katanya.

5. Cari Kampus S2

Eril sedang mencari kampus di Swiss untuk dirinya melanjutkan jenjang pendidikan S2. Sebelumnya, Eril merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Anak sulung Ridwan Kamil itu diketahui tidak ditemani ayahnya saat ke Swiss. Ridwan Kamil berada di Inggris untuk urusan pemerintahan bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat. Kini Ridwan Kamil sudah tiba di Swiss setelah mengetahui kabar anak sulungnya hilang.

“Pak Ridwan Kamil sudah, baru tiba dari tugasnya menyusul kemari mendengar berita ini dari London ke Swiss,” kata Dubes RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad.

6. Ridwan Kamil Tetap Tegar

Presiden London School of Economic (LSE) Indonesian Society Moses Siregar mengatakan Ridwan Kamil, saat mengetahui anaknya hanyut, tengah berada di London bersama para mahasiswa Indonesia.

“Kami, seluruh mahasiswa Indonesia di Inggris, turut prihatin dengan musibah ini. Semoga putra Ridwan Kamil dapat ditemukan dalam kondisi selamat. Pagi ini para mahasiswa Indonesia di Inggris turut mendoakan keselamatan Emmeril. Kami berharap pihak SAR Swiss melakukan upaya terbaik,” ujar Moses Siregar.

Dia mengatakan Ridwan Kami terlihat berusaha tetap tegar dan tabah saat mendengar musibah itu. Ridwan Kamil, katanya, tetap ada komitmennya untuk berdiskusi bersama para mahasiswa asal Indonesia.

“Beliau terlihat sangat tegar, dan tetap melanjutkan diskusi. Ia berpesan kepada para pelajar tentang pentingnya menuntut ilmu,” ujar Moses, yang menjadi salah satu penyelenggara diskusi.

Ketua Doctrine UK, yang merupakan organisasi independen mahasiswa doktoral RI di Inggris, Gatot Subroto, mengatakan Ridwan Kamil menjelaskan soal pentingnya peran keluarga bagi pemimpin. Dia pun berharap Eril bisa ditemukan dalam keadaan selamat.

“Kami sangat sedih mendengar kabar hilangnya Emmeril. Saat berdiskusi di London, Kang Emil mengatakan kepada kami bahwa sumber energinya dalam memimpin Jawa Barat adalah istri dan anak-anaknya. Peran keluarga sangat penting bagi pemimpin,” ujar Gatot.

Komentar
Banner
Banner