Kalsel

Almazaya Care, Cara Sekolah Bentuk Generasi Peduli Lingkungan

apahabar.com, BANJARMASIN – Yayasan Almazaya Pelita Asia tak hanya bercita-cita menciptakan generasi yang intelek, namun juga…

Featured-Image
Yayasan Almazaya Pelita Asia tak hanya bercita-cita menciptakan generasi yang intelek, namun juga peduli terhadap kondisi sosial sekitar. Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Yayasan Almazaya Pelita Asia tak hanya bercita-cita menciptakan generasi yang intelek, namun juga peduli terhadap kondisi sosial sekitar.

Dengan itu, mereka pun mengajarkan para siswa-siswi untuk gemar beramal sedari dini.

Pada saat ini cukup lumrah untuk sebuah usaha untuk mengembangkan rencana yang berfokus pada tanggung jawab social perusahaan (CSR) dan berkelanjutan.

Hal ini melibatkan kepedulian lingkungan dan sosial ke kehidupan masyarakat yang ada di sekitar SMP dan SMA Al Mazaya.

Bercermin dari hal ini, maka yayasan Al Mazaya Pelita Asia pun membuat program yang disebut Al Mazaya Care.

Program ini mengedepankan kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan manfaat kepada sasaran program, yang dalam pelaksanaannya melibatkan siswa Al Mazaya itu sendiri.

Program yang sudah berjalan adalah memberikan beasiswa pendidikan kepada siswa berprestasi tetapi memiliki kendala ekonomi, membantu korban banjir di sekitar Banjarmasin, program mengajarkan bahasa Inggris dan Tahfidz sekolah disekitar Al Mazaya, menyebar takjil Ramadhan dan kegiatan lainnya baik yang sudah berjalan maupun yang masih direncanakan.

Pendiri yayasan Al Mazaya Pelita Asia, H.Taufik Hidayat MM, mengatakan, program Al Mazaya Care ini pada dasarnya adalah untuk memberikan sesuatu pada siswa maupun kepada masyarakat.

“Selain ada peran dari yayasan, siswa dan siswinya juga turut aktif dalam kegiatan sosial yang ada,” ujar Taufik.

“Al Mazaya Care itu, artinya sekolah termasuk siswa-siswinya yang peduli pada lingkungan sosialnya,” timpal Waheni, Kepala SMP Al Mazaya.

Dalam ini, salah satu contohnya adalah siswa siswi yang turut terjun ke lapangan, aktif dalam kegiatan sosial membantu sesama yang mengalami musibah seperti kebakaran atau kebanjiran.

“Siswa nanti akan patungan, mengumpulkan uang mereka lalu diberikan pada korban terdampak bencana,” sambung Waheni.

Selain berupa materi, dipaparkan Waheni, siswa juga bisa berbagi pengetahuan untuk untuk junior-junior mereka dalam pelajaran Bahasa Inggris dan Tahfidz Al Qur’an.

Program-program tersebut sejauh ini sudah berjalan dan ke depannya, Al Mazaya Care pun akan mengembangkan program sosial lainnya.



Komentar
Banner
Banner