Fitur Baru Instagram

Akhirnya! Fitur Baru Instagram Bantu Pulihkan Akun Kena Hack

Instagram merilis fitur baru peningkatkan keamanan dan website baru guna mengembalikan akun Instagram yang dibajak atau dihack.

Featured-Image
Instagram rilis fitur baru untuk pulihkan akun yang dibajak. (Foto: PetaPixel)

bakabar.com, JAKARTA -Instagram merilis fitur baru peningkatkan keamanan dan website baru guna mengembalikan akun yang dibajak atau dihack.

Kasus pembajakan akun atau hack sering kali terjadi di media sosial Instagram baik untuk publik figure atau akun dengan banyak followers.

Sebut saja nama-nama beken seperti Luna Maya, Ariel Tatum dan Angelina Sondakh pernah mengalami pengalaman yang tidak mengenakan tersebut.

Bahkan untuk nama terakhir, sang perentas meminta uang tebusan sebesar Rp5 juta jika ingin akun miliknya dikembalikan.

Baca Juga: Waspada! Berikut Ragam Modus Baru Penipuan Digital

Anak perusahaan Meta itu meluncurkan situs Instagram.com/hacked, fitur baru untuk melaporkan dan menyelesaikan masalah terkait akun.

Fitur tersebut bertujuan untuk membantu pengguna korban pembajakan akun yang kesulitan mengakses akunnya. Selain itu, situs ini juga berguna jika pengguna tidak bisa login ke akunnya. 

Pengguna bisa meminta bantuan untuk memulihkan akun yang dibajak, melaporkan akun peniru, lupa password, atau kehilangan akses untuk autentikasi dua faktor (2FA).

Cara penggunaan fitur itu cukup mudah, setelah memilih salah satu masalah yang dihadapi, pengguna cukup mengikuti instruksi yang ada di layar agar bisa mengakses akunnya kembali. 

Baca Juga: Mulai Sejutaan! Daftar Harga HP Samsung Galaxy Desember 2022

Praktisnya lagi, jika pengguna memiliki beberapa akun Instagram, mereka juga bisa memilih akun yang bermasalah.

Sebagaimana diketahui, selama ini memulihkan akun Instagram yang dibajak bukan perkara mudah. 

Pada tahun 2018, Motherboard melaporkan beberapa pengguna terpaksa membayar tebusan ke hacker untuk mendapatkan akunnya kembali.

Fitur Keamanan Baru

Selain website pengembalian akun, aplikasi sejuta umat itu juga merilis fitur keamanan di mana pengguna yang kesulitan login bisa meminta dua temannya untuk mengonfirmasi identitasnya, seperti dikutip dari The Verge, Senin (19/12).

Baca Juga: Kiat Belanja Online agar Barang yang Dibeli Tidak 'Nyasar'

Dua teman yang dipilih diberi waktu 24 jam untuk merespons permintaan verifikasi tersebut. Jika permintaan diterima, Instagram akan memberikan opsi kepada pemilik akun untuk me-reset password.

Instagram juga mengatakan akan menelusuri cara untuk menghentikan pembajakan akun sebelum terjadi. 

Salah satu caranya adalah mengirimkan peringatan kepada pengguna jika mereka diikuti oleh akun yang mungkin meniru orang lain.

Tidak hanya itu, Instagram juga akan menampilkan centang biru untuk akun yang sudah diverifikasi di lebih banyak tempat. Selain di profil, centang biru juga akan ditampilkan di Stories, DM, dan feed.

Editor


Komentar
Banner
Banner