Libur Sekolah

Akhir Libur Sekolah, Sejumlah Tiket Menuju Kota Besar Habis Terjual

Sejumlah tiket bus dari Kota Magelang menuju sejumlah kota besar habis terjual menjelang berakhirnya masa libur sekolah 2023.

Featured-Image
Puncak arus balik Terminal Tidar, Senin (1/5) (apahabar.com/arimbihp)

Apahabar.com, JAKARTA - Sejumlah tiket bus dari Kota Magelang menuju sejumlah kota besar di Pulau Jawa habis terjual menjelang berakhirnya masa libur sekolah 2023.

"Tiket yang habis tujuan Jakarta, Solo, Madiun, Surabaya dan sekitarnya," kata manajemen Bus Sinar Mulia, Santi di Terminal Tidar Magelang, Sabtu (15/7).

Menurut Santi, terjualnya tiket untuk waktu keberangkatan Sabtu (15/7) hingga Minggu (16/7) pada jenis bus eksekutif dan VIP kelas I.

"Range harga antara Rp200.000 hingga Rp350.000 sudah include makan, AC dan selimut, sudah habis untuk 2 hari," jelas Santi.

Baca Juga: Kenaikan Harga Tiket Bus Jelang Lebaran di Terminal Pulogebang Dianggap Wajar

Pada dua hari tersebut, pihaknya memberangkatkan sedikitnya 7 armada yang dibagi ke dalam dua kali keberangkatan. "Peningkatan yang terjadi bisa dibilang 50 persen dari hari biasanya," terangnya.

Santi menururkan, untuk jumlah penumpang per bus yang diberangkatkan rerata sebanyak 45 orang di tiap armada.

Hal serupa juga dialami PO Bus Lancar Jaya yang mengalami kenaikan hingga 50 persen di masa akhir libur sekolah.

"Ini kenaikan kedua setelah libur panjang Iduladha kemarin, tetapi tidak sampai menambah jumlah armada karena masih teratasi," tutur petugas tiketing Madu Jaya, Yahya (30).

Baca Juga: Libur Sekolah, Pengunjung Kebun Raya Tidar Naik 70 Persen

Yahya menilai, kenaikan itu berkaitan dengan kebangkitan pariwisata pasca pandemi COVID-19.

"Sudah hampir kembali normal, terasa nya sejak arus mudik lebaran kemari. Kalau pas COVID-19, bahkan kami sempat tidak ada armada yang berangkat sama sekali," jelasnya.

Terbatasnya jumlah tiket, diamini oleh seorang penumpang asal Canguk. Triyono (34) mengaku sempat kehabisan tiket lantaran membeli terlalu dekat dengan hari keberangkatan.

Baca Juga: Puncak Bogor Masih Padat Hingga Libur Sekolah Selesai

"Tidak menyangka kalau bakal seramai ini ya, jadi biasanya beli di terminal, ternyata habis, rencana ke Jakarta sama anak istri," tuturnya.

Triyono yang tiba di Magelang untuk berlibur bersama keluarganya, akhirnya terpaksa menunda kepulangannya ke Jakarta hingga Senin (18/7).

"Senin subuh dari Terminal Tidar, baru dapat tiket di hari itu, tapi persiapan sekolah sudah lengkap, jadi Selasanya sudah bisa beraktivitas lagi," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner