Kalteng

Akhir Februari Seluruh Nakes di Kalteng Sudah Divaksin Covid-19

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Vaksin Sinovac tahap kedua sebanyak 27.000 vial telah diterima Provinsi Kalimantan Tengah…

Featured-Image
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto-Shuitterstock via Kompas.com

bakabar.com, PALANGKA RAYA — Vaksin Sinovac tahap kedua sebanyak 27.000 vial telah diterima Provinsi Kalimantan Tengah pada Senin, 25 Januari lalu.

Namun tidak langsung didistribusikan, karena ada beberapa daerah yang belum memiliki tempat penyimpanan vaksin Covid-19 yang memenuhi standar.

“Nanti didistribusikan sesuai kebutuhan. Kalau sudah habis distribusi yang pertama, baru didistrubusikan lagi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, dr Suyuti Syamsul, Rabu (27/1).

Vaksinasi covid-19 tahap kedua ini, bagi tenaga kesehatan (nakes) selain Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya. Sebab dua daerah ini ikut vaksinasi tahap pertama.

“Target kita akhir Februari ini, vaksinasi untuk nakes telah selesai,” ujar Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Kalteng ini.

Sedangkan untuk vaksin tahap pertama yang sudah diterima sebanyak 14.680 vial. Dengan demikian, total vaksin Covid-19 Kalteng sebanyak 41.680 vial.

Jumlah ini cukup untuk seluruh tenaga kesehatan di Kalteng, yang masuk sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan sebanyak 19.927 orang.

“Untuk dua kali suntik, jumlah vaksin yang diperlukan 39.845 vial,” imbuhnya.

Menurut Suyuti, provinsi hanya sebatas menerima vaksin dari pusat, lalu mendistribusikannya ke kabupaten/kota sesuai sasaran yang ada.

Selanjutnya dinas kesehatan kabupaten
/kota mendistribusikan vaksin ke puskesmas, klinik dan RS yang ada di wilayah kerjanya.

Komentar
Banner
Banner