Religi

Ajak Jalan Kaki ke Sekumpul, Habib Fathurrahman Punya Misi Tersembunyi

apahabar.com BANJARMASIN – Habib Fathurrahman Bahasyim beserta masyarakat Banjarmasin sebanyak 10 orang berjalan kaki menuju Sekumpul,…

Featured-Image
Habib FathurrahmanBahasyim melepas peserta longmarc di halaman kubah Habib Hamid Bahasyim, Basirih. Para pejalan kaki itu menempuh Banjarmasin-Martapura./Ahya

bakabar.com BANJARMASIN – Habib Fathurrahman Bahasyim beserta masyarakat Banjarmasin sebanyak 10 orang berjalan kaki menuju Sekumpul, Rabu (26/2). Hal ini diungkapkan Habib Fathurrahman Bahasyim sebagai bentuk ungkapan kegembiraan atas datangnya bulan Rajab dan Haul Guru Sekumpul ke 15.

“Ini bentuk ungkapan kita atas datangnya bulan Rajab, karena di bulan ini terjadinya peristiwa Isra Mi’raj. Maka kami menyambutnya dengan long march dan yang kedua menyambut haul abah Guru Sekumpul,” kata Habib, Rabu (26/2).

Habib Fathurrahman juga mengatakan, tidak ada di sini ajang nazar atau ajang menyiksa diri dengan melakukan perjalanan ini.

“Kalau peserta ada yang capek, kami juga silahkan naik mobil. Tidak ada memaksakan. Kalau nanti di jalan padat, peserta nanti di minta naik ke mobil dan bila sudah bisa lengang perkampungan kita lanjutkan,” ujar Habib.

“Ini pun akan dipangkas. Kita juga melakukan ini sebagai syiar dakwah, sepanjang jalan kita mensyiarkanshalawat. Itu yang utama,” imbuh Habib.

Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, HM Yamin saat melepas peserta long march mengutarakan, sangat mengapresiasi apa yang sudah diinisiasi Habib atas kegiatan ini.

“Ini bukan ajang ingin membuat suatu hal yang viral. Berharap kegiatan ini adalah ungkapan kegembiraan warga Banjarmasin menyambut bulan Rajab dan Haul Guru Sekumpul. Suatu bentuk kecintaan kita kepada Aulia Allah, ulama kita,” sebut Yamin.

Yamin melihat, keinginan peserta berjalan kaki dari KubahBasirih sampai dengan ke Sekumpul adalah sebuah niat ibadah, terlebih mensyiarkanshalawat.

“Ini adalah suatu bentuk yang diungkapkan peserta bersama Habib mensyiarkanshalawat. Artinya ayo kita bershalawat sebanyak-banyaknya. Ini suatu yang perlu kita tanamkan kepada warga kita umat muslim, ini intinya bentuk kecintaan. Saya harapkan ini menjaga ketertiban lalu lintas dan menjaga kesehatan peserta yang berjalan kaki,” pungkasnya.

img

Habib FathurrahmanBahasyim melepas peserta longmarc di halaman kubah Habib Hamid Bahasyim, Basirih. Para pejalan kaki itu menempuh Banjarmasin-Martapura./Ahya

Baca Juga: Habib Fathurrahman Gagas Jalan Kaki dari Banjarmasin Menuju Haul Guru Sekumpul

Baca Juga: Perkirakan 2 Juta Lebih Jemaah Hadir, Wakapolda Kalsel Tinjau Kesiapan Pengamanan Haul Sekumpul ke…

Reporter: AhyaFirmansyah

Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner