Event Olahraga

Agenda Padat Menanti Atlet Indonesia di Event Besar Olahraga 2024

Memasuki tahun 2024 para atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga akan berkompetisi.

Featured-Image
Lambang Olimpiade Paris 2024. Foto: Antara.

bakabar.com, JAKARTA - Memasuki tahun 2024, para atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga (cabor) akan disibukkan dengan beragam kompetisi bergengsi.

Tak hanya dalam satu event, melainkan ada beberapa turnamen yang akan dilakoni oleh para atlet kebanggaan tanah air. Salah satunya yakni Olimpiade Paris 2024.

Lantas, apa saja agenda event olahraga yang bakal diikuti oleh para atlet Indonesia. berikut ulasan tim bakabar.com:

1. Olimpiade Paris 2024

Para atlet terbaik tanah air akan melakoni pesta olahraga terbesar dunia, Olimpiade yang akan dilaksanakan di ibu kota Prancis yakni Paris.

Turnamen multievent itu akan berlangsung hampir satu bulan. Lebih tepatnya tanggal 26 juli hingga 11 Agustus 2024. Indonesia kabarnya akan mengirimkan 5 atlet terbaik untuk 3 Cabang Olahraga.

5 orang atlet tersebut adalah Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Desak Made Rita (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing) dan Rifda Irfanalitfi (senam artistik).

Namun jumlah tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah karena masih ada kualifikasi. Bahkan tidak hanya dari 3 cabang itu tetapi ada juga cabang lain.

Menariknya, pembukaan acara Olimpiade ini kabarnya tidak akan dilakukan di dalam stadion seperti biasanya. Panitia akan membuka acara itu di luar stadion yakni di area sungai Seine.

2. Pesta Olahraga Nasional (PON) 2024

Tidak hanya kompetisi di luar negeri. Indonesia juga memiliki kompetisi sendiri yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Tahun ini merupakan PON ke-21 yang dilaksanakan sejak awal dibentuk dan diikuti oleh atlet tanah air.

Ajang multievent ini akan berlangsung di 2 provinsi berbeda yakni Aceh dan Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah.

Acara ini akan berlangsung selama bulan September, dimulai dari 8 September sampai 10 september 2024.

Ajang yang mengusung moto "Bersatu Kita Juara!" akan diikuti oleh 28 cabang olaharaga dari seluruh daerah di Indonesia.

Tidak hanya bertanding olahraga secara fisik, tetapi terdapat lomba kekinian seperti Mobile Legends, Garena Free Fire Beregu, PUBG Mobile Squad, Efootball PES Beregu, Bang Bang Beregu dan LOKAPALA Beregu.

3. Piala Thomas dan Uber 2024

Beralih ke acara khusus pertandingan bulu tangkis. Turnamen Piala Thomas dan Uber 2024 akan berlangsung di Chengdu, China. Event tersebut akan berlangsung selama 27 April sampai 5 Mei 2024.

Piala Thomas 2024 akan menjadi kegiatan edisi ke-33 sedangkan Uber Cup merupakan Edisi ke-30.

Tim putra Indonesia akan berjuang untuk membawa pulang Piala Thomas dari negeri Tirai Bambu. Sementara tim putri akan berusaha menjuarai Uber cup 2024.

Sejatinya tidak asing untuk Indonesia menjadi Juara Piala Thomas. Sebab kita pernah 14 kali menjadi Juara. Terakhir juara di tahun Piala Thomas 2020 yang dilaksanakan di 2021.

Sementara itu, tim putri bulutangkis Indonesia pernah 3 kali juara Uber cup yakni tahun 1975, 1994, dan 1996.

Editor
Komentar
Banner
Banner