Debat Capres 2024

Adu Gagasan Tiga Capres Atasi Persoalan Penegakan Hukum di Indonesia

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan, nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan nomor urut 03 Ganjar Pranowo beradu gagasan serta program dalam debat capres perdana.

Featured-Image
Debat perdana Pemilu Presiden 2024 di Gedung KPU, Selasa (12/12) malam. Foto: Tangkap layar YouTube KPU

bakabar.com, BANJARMASIN - Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan, nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan nomor urut 03 Ganjar Pranowo beradu gagasan serta program dalam debat capres perdana di Pemilu 2024.

Tema debat yang diangkat adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Melansir berbagai sumber, berikut garis besar debat perdana capres di Kantor KPU Jakarta, Selasa (12/12) malam.

Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjanji memberantas korupsi tanpa kata-kata.

Ganjar Pranowo menegaskan, dirinya konsen terhadap pemberantasan korupsi. Ia pun menegaskan akan memiskinkan para pelaku tindak pidana korupsi.

"Dari sisi penegakan hukum, maka yang mesti dilakukan adalah pemiskinan dan perampasan aset," kata Ganjar Pranowo.

Oleh karenanya, ia pun menegaskan dirinya dan Mahfud MD akan membereskan dan menyelesaikan Undang-Undang mengenai Perampasan Aset. Bahkan, Ganjar menegaskan akan menjebloskan pejabat koruptor ke Lapas Nusakambangan.

"Maka segera kita bereskan UU Perampasan Aset dan untuk pejabat yang korupsi bawa ke Nusakambangan agar punya efek jera bahwa ini tidak main-main," tegas Ganjar!

Terlepas dari itu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga menyinggung pentingnya sosok pemimpin. Menurut Ganjar pemimpin juga harus bisa memberikan contoh dengan mengedepankan integritas.

Calon Presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengatakan kesepakatannya terhadap pernyataan Capres nomor urut 3 yakni Ganjar Pranowo dalam memberantas kasus korupsi di Indonesia.

Prabowo mengungkapkan jika korupsi memamg harus diberantas sampai ke akar-akarnya.

"Terus terang saja, saya dalam hal ini setuju dengan sikap dan jawaban dari Pak Ganjar dari masalah korupsi, korupsi adalah pengkhianatan terhadap bangsa, korupasi harus di berantas sampai ke akar akarnya," kata Prabowo.

Selanjutnya, Prabowo menginginkan penguatan KPK, kepolisian dan kejaksaan dan badan-badan yanh bisa membantu dalam mitigasi korupsi di Indonesia.

"Harus kita perkuat, BPM, BPKP, Inspektorat di setiap Kementerian harus diperkuat jadi saya sependapat korupsi harus diberantas sampai ke akar akarnya," ujar Prabowo.

Diketahui, debat paslon Capres-Cawapres akan diadakan sebanyak 5 kali, yang dimulai pada (12/12/2023) dengan tema Pemerintahan, Hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa hukum alat mencapai tujuan bernegara bukan pribadi penguasa.

"Hukum adalah alat untuk mencapai tujuan bernegara, bukan tujuan pribadi penguasa. Ketika prinsip ini tidak dipahami, tidak dijadikan rujukan utama, dan tidak dipegang erat oleh pemimpin tertinggi, maka produk hukum yang dihasilkan dan praktik hukum yang berjalan akan menjadi tidak adil, tidak bermanfaat, dan tidak memberikan kepastian," kata Anies.

Anies pun menegaskan tidak akan melanjutkan hukum yang bengkok untuk kepentingan penguasa. Ia berkomitmen untuk mengubah hukum di Indonesia jika terpilih.

"Apa ini yang mau dilanjutkan? Tidak! Ini yang harus kita ubah. Ini adalah hukum di Indonesia. Yang dengan mudah dibengkokkan untuk kepentingan penguasa. Menghasilkan deretan produk hukum yang bermasalah, dengan proses yang bermasalah pula," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner