tips kesehatan

8 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Kulit, Cegah Peradangan sampai Penuaan Dini

Tak hanya diminum, kopi rupanya bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan mencegah penuaan hingga peradangan.

Featured-Image
Manfaat kopi untuk kesehatan (Foto: IDX)

bakabar.com, JAKARTA - Tak hanya diminum, kopi rupanya bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan mencegah penuaan hingga peradangan.

Caranya bisa diminum langsung atau dimanfaatkan sebagai scrub dan masker wajah.

Selama ini, kopi dikenal dengan kandungan kafein yang bermanfaat untuk kesehatan. Itu memang benar, tetapi di samping itu kopi juga mengandung nutrisi penting lainnya.

Mulai dari antioksidan, vitamin B3 hingga asam klorogenat. Nutrisi itu bisa mengatasi masalah kulit, wajah seperti jerawat, bintik hitam, kerutan hingga selulit di bagian tubuh lain.

Cara memanfaatkannya bisa dengan menjadikan minuman, atau menjadikan kopi secara scrub dan masker yang diolesi ke bagian kulit bermasalah, seperti yang dikutip dari DetikFood, Sabtu (28/1).

Berikut 8 manfaat kopi untuk kesehatan :

1. Mengurangi Selulit

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Kandungan kafein pada kopi yang dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit.

Selain itu, juga meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Cara memanfaatkan kopi adalah dengan menjadi scrub yang dioles ke kulit agar membantu pengelupas kulit secara merata.

2. Efek Menenangkan Kulit

Kopi juga bermanfaat untuk menenangkan kulit. Kopi terkenal dengan efek stimulasinya di dalam tubuh, kopi dapat memberikan efek sebaliknya ketika dioleskan ke kulit berkat antioksidan yang terkandung pada kopi.

3. Mencegah Penuaan Dini

Minum kopi juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Diawali dengan mengurangi munculnya bintik-bintik kemerahan dan garis-garis halus pada kulit.

Manfaat kopi ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam studi tersebut ditemukan adanya hubungan langsung antara minum kopi dan penurunan efek photoaging.

4. Mencegah Kanker Kulit

Tak hanya kafein, kopi juga dikemas dengan vitamin B3 yang disebut niasin, kandungan itu ada berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin.

Trigonelin menjadi niasin setelah biji kopi disangrai. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit non melanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan kulit lainnya.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner