Mudik Lebaran 2023

75 Pengemudi dan Kru Bus Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Terminal Tirtonadi Solo

Pengemudi dan kru bus mengikuti pemeriksaan kesehatan di Terminal Tirtonadi Solo. Pemeriksaan ditujukan untuk memastikan keamanan penumpang mudik.

Featured-Image
Pengemudi dan kru bus mengikuti pengecekan kesehatan di Terminal Tirtonadi. Foto : apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Sebanyak 75 pengemudi dan kru bus mengikuti pemeriksaan kesehatan di Terminal Tirtonadi Solo, Senin, (17/4).

Sunardi, Koordinator Lapangan (Korlap) Lalu Lintas Terminal Tirtonadi, menjelaskan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk mengawali persiapan arus mudik atau lebaran 2023.

Pemeriksaan itu bekerjasama dengan Dokkes Polresta Surakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

"Hari ini kita lakukan pemeriksaan sebanyak 75 orang. Agar semua sehat, perjalanan mudik lancar tidak ada alangan," ungkapnya.

Baca Juga: Mudik Aman, Terminal Lebak Bulus Periksa Kesehatan Sopir Saat Mengemudi

Sementara itu Sri Utami dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menyebut ada beberapa aspek yang dilakukan pemeriksaan pada pengemudi dan kru bus.

"Aspek yang dinilai tensi, kadar gula darah, serta zat yang ada di dalam air kencing. Biasanya kita konselingkan dulu jika ditemukan pengemudi menggunakan obat-obatan berbahaya," terangnya.

Kegiatan ini serentak di lakukan di 5 lokasi di Jawa Tengah, mulai dari Terminal Tirtonadi, Bulu 7 Banyumas, Grobogan, Wonogiri, serta di Boyolali menjelang arus mudik lebaran.

"Ini kita lakukan selama 2 hari, sampai besok. Kita targetkan 150 pengemudi dan kru bus dilakukan pemeriksaan kesehatan. Harapannya pengemudi bisa sehat selama melaksanakan tugasnya. Karena membawa banyak orang untuk mudik lebaran," tandasnya.

Baca Juga: Sambut Musim Mudik Lebaran 2023, Terminal Induk Bekasi Tingkatkan Fasilitas

Murijan, salah satu pengemudi bus Sugeng Rahayu jurusan Surabaya-Jogja mengaku senang mendapati hasil pemeriksaan kesehatannya normal.

"Alhamdulilah, tensi darah sama gula darah normal. Kegiatan seperti ini penting, kalau ga sehat gimana bawa orang banyak," katanya.

Editor


Komentar
Banner
Banner