Mudik Lebaran 2023

6.000 Pemudik Tinggalkan Jakarta dari Terminal Kalideres Hari Ini

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen memperkirakan sebanyak 6.000 pemudik bakal berangkat menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Featured-Image
Puncak arus mudik dari terminal Kalideres Jakarta Barat sudah terjadi hari ini Rabu 19 April 2023, Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

bakabar.com, JAKARTA - Puncak arus mudik dari Terminal Kalideres Jakarta Barat sudah terjadi hari ini Rabu (19/4)

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen memperkirakan sebanyak 6.000 pemudik bakal berangkat menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari Terminal Kalideres menuju kampung halamannya masing-masing.

"Diperkirakan hari ini Rabu 19 april 2023, H-3 Lebaran akan terjadi puncak arus mudik Lebaran dari Terminal Kalideres," ujar Revi dalam keterangannya di Terminal Kalideres Jakarta Barat.

Hingga kini Revi mencatat sudah ada 11.754 orang yang mudik ke kampung halaman dari terminal Kalideres sejak siang hari ini.

"Data penumpang yang sudah berangkat dari H-8 sampai H-3 Lebaran sebanyak 11.754 orang," ujarnya.

Baca Juga: Terminal Kalideres Tambah 150 Bus Antisipasi Lonjakan Pemudik

Revi menjelaskan lonjakan penumpang juga sudah mulai terlihat sejak H-8 menuju Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dengan tujuan sebagian besar ke beberapa wilayah Pulau Sumatera.

"Tujuan favorit adalah Padang, Palembang, Bengkulu, Lampung dan Jawa Tengah," ujarnya.

Memaksimalkan pelayanan bagi penumpang, pihak Terminal Kalideres menyediakan posko keamanan serta posko kesehatan yang dapat diakses pemudik.

Baca Juga: H-10 Lebaran, Warga Jakarta Mulai Pergi Mudik Lewat Terminal Kalideres

Untuk posko keamanan, pihaknya bekerja sama dengan TNI/Polri, Satpol PP, hingga pemadam kebakaran untuk mengamankan terminal.

"Untuk posko pemeriksaan kesehatan pengemudi, posko pemeriksaan tes urine kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, dan dibantu oleh BNN Provinsi DKI Jakarta untuk memeriksa apakah pengemudi dalam kondisi sehat dan tidak terpapar narkoba," ujarnya.

Revi juga mempersilahkan pemudik yang ingin memeriksa kesehatan secara gratis, dapat mendatangi posko yang berada tak jauh dari lokasi parkir bus.

Hingga kini ribuan warga terlihat antusias untuk pulang kampung di momen liburan. Mereka bahkan sudah datang sejak pagi untuk mencari bus AKAP yang memiliki rute yang sesuai tujuannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner