Arus Mudik 2023

Terminal Kalideres Tambah 150 Bus Antisipasi Lonjakan Pemudik

Terminal Kalideres, Jakarta Barat menambah 150 armada bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim mudik Lebaran 2023.

Featured-Image
Pemudik di Terminal Induk Bekasi hendak menaruh barang di bagasi bus (Foto: apahabar.com/May)

bakabar.com, JAKARTA - Terminal Kalideres, Jakarta Barat menambah 150 armada bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada musim mudik Lebaran 2023.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengatakan penambahan armada bus disiapkan dari perusahaan otobus agar tak ada penumpang yang terlantar di Terminal.

"Bus yang disiapkan dari perusahaan otobus (PO), kurang lebih 150 bus sebagai bus cadangan, untuk bantuan apabila terjadi lonjakan penumpang," kata Revi, Selasa (18/4).

Baca Juga: Pemudik Mulai Padati Terminal Kalideres di H-5 Idul Fitri

Revi mengatakan pihaknya juga akan melakukan ramp check untuk bus tambahan yang akan digunakan guna memastikan kondisi bus cadangan tersebut layak jalan untuk mengantar penumpang.

"Jadi harus dicek kelayakan jalannya, serta dinyatakan lulus layak uji baru kita perbolehkan angkut penumpang sebagai bus bantuan," ujarnya.

Revi memprediksi, berdasarkan data pihaknya, puncak arus mudik di Terminal Kalideres akan terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran dengan pemudik yang mencapai ribuan orang.

"Nah, diperkirakan untuk tahun ini 2023 prediksi pemerintah akan ada peningkatan, saya prediksi jumlah pemudik mencapai 6.000 orang nanti," ujarnya.

Baca Juga: Terminal Kalideres Diprediksi Mengalami Lonjakan Pemudik pada H-3 hingga H-4 

Revi menyebut Terminal Kalideres akan membangun beberapa posko pelayanan yang terdiri dari keamanan, kesehatan, dan ramp check untuk unit bus agar para pemudik tetap merasa nyaman untuk bertolak ke kampung halamannya.

"Ya, untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang meningkat di Terminal Kalideres, kami membuat posko pengamanan terpadu dari semua pilar ya, TNI, Polri, hingga Satpol PP, kemudian posko kesehatan dan juga posko ramp check," pungkasnys.

Editor


Komentar
Banner
Banner