Hari Peringatan Unik

6 Oktober Hari Senyum Sedunia, Ajakan Menebar Kebahagiaan

Hari Senyum Sedunia diperingati tiap jumat pertama bulan Oktober. Tahun ini, Hari Senyum Sedunia diperingati pada 6 Oktober.

Featured-Image
World Smile Day diperingati Jumat pertama bulan Oktober. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Hari Senyum Sedunia diperingati tiap Jumat pertama bulan Oktober. Tahun ini, Hari Senyum Sedunia jatuh pada 6 Oktober.

Hari ini bertujuan untuk menyadarkan banyak orang pentingnya tersenyum. Sebuah kegiatan mudah yang dapat membantu orang menjadi lebih baik.

Melansir laman worldsmileday, tahun ini Hari Senyum Sedunia memiliki tema 'Do an Act of Kindess, Help One Person Smile', yang berarti "Berbuat Suatu Kebaikan, Menolong Satu Orang Tersnyum."

Dengan hal tersebut, setidaknya membantu satu orang untuk tersenyum yang dapat menebarkan kebaikan pada lainnya.

Hari Senyum Sedunia juga disemarakkan di berbagai media sosial, dengan menambahkan tagar #WorldSmileDayChallange dan #WSDChallange untuk menebarkan senyum pada dunia.

Manfaat Tersenyum

Tersenyum
Senyum (Foto: dok. IslamPos)

Mengutip Very Well Mind, tindakan sederhana ini kerap dianggap sepele, namun ternyata tersenyum mempunyai banyak manfaat bagi tubuh lho.
- Memperpanjang usia.
- Melepaskan stress dan penat.
- Meningkatkan mood.
- Meningkatkan sistem imun tubuh.
- Menularkan virus bahagia
- Menurunkan tekanan darah
- Mengurangi rasa sakit
- Menjaga untuk tetap berperilaku positif

Sejarah World Smile Day

Sejarah World Smile Day. Foto: Freepik
Sejarah World Smile Day. Foto: Freepik

Bermula oleh Harvey Ball seorang seniman asal Worcester, Massachusetts, yang menciptakan wajah tersenyum pada 1963. Gambar itu kemudian menjadi simbol yang baik dan penuh keceriaan.

Tanpa disadari gambar tersebut menjadi populer dan digunakan banyak orang untuk kepentingan pribadi hingga komersil. Bahkan sang kreator tidak memiliki hak paten atas ciptaannya tersebut.

Rasa khawatir tentang komersil yang berlebihan dan tidak sesuai dengan makna di awal membuat Harvey memunculkan idenya untuk memberlakukan Hari Senyum Sedunia untuk meluangkan satu hari untuk tersenyum dan berbuat baik.

Pada 1999 gagasan tersebut pun dimulai, dengan pernyataan Harvey untuk merayakan hari tersebut pada hari Jumat pertama di bulan Oktober akan diperingati sebagai Hari Senyum Sedunia.

Setelah kepergian Harvey di tahun 2001, berdirilah Harvey Ball World Foundation sebagai bentuk penghormatan terhadapnya, sebuah badan amal serta menggalangkan dana untuk banyak orang.

Editor


Komentar
Banner
Banner