Info Kesehatan

6 Masalah Kesehatan Pemicu Leher Menghitam, Diabetes Salah Satunya

Memiliki leher yang cerah adalah dambaan semua orang karena mampu meningkatkan kepercayaan diri. Namun tak jarang, kondisi di area leher kerap berwarna kusam

Featured-Image
Kulit leher yang menghitam akibat masalah kesehatan. Foto: Liputan6.

bakabar.com, JAKARTA - Memiliki leher yang cerah adalah dambaan semua orang karena mampu meningkatkan kepercayaan diri. Namun tak jarang, kondisi di area leher kerap berwarna kusam bahkan menghitam sering dialami orang. 

Tidak sedikit yang menganggap bila penyebab leher menghitam dikarenakan tumpukan daki atau akibat paparan sinar matahari berlebih. Namun, apa benar demikian?

Medical News Today menyebutkan jika kulit di bagian leher memang rentan mengalami penggelapan. Bisa menggelap karena hormon, paparan sinar matahari, atau kondisi kulit lainnya.

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang bisa membuat kulit di bagian leher menghitam yang dilansir dari laman CNN:

1. Dermatitis neglecta

Dermatitis neglecta terjadi saat sel kulit mati terlalu menumpuk di bagian leher. Bukan hanya sel kulit mati, hal ini juga bisa terjadi karena minyak berlebih, keringat, dan bakteri yang bercampur menjadi satu.

Leher adalah tempat yang umum untuk berkembangnya dermatitis neglecta. Hal ini bisa terjadi saat Anda kurang menjaga kebersihan di area tersebut. Penumpukan kotoran menyebabkan perubahan warna dan plak kulit.

2. Kadar insulin pada darah tinggi

Ketika seseorang memiliki kadar insulin yang tinggi, mereka dapat mengalami area hiperpigmentasi di leher, terutama di bagian belakang leher. Kejadian ini biasa terjadi pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS).

3. Tinea versikolor

Tinea versikolor adalah infeksi jamur Malassezia furfur. Meskipun jenis ragi ini secara alami ada di kulit, terlalu banyak atau pertumbuhan berlebih dapat menyebabkan bercak hitam di leher, punggung, dada, dan lengan.

Kulit mungkin tampak sangat gelap jika seseorang baru saja terpapar sinar matahari. Bercak kulit juga bisa terasa gatal.

4. Kegemukan

Berat badan berlebih hingga obesitas juga bisa Jadi biang kerok leher yang menghitam. Dilansir Healthshot, penggelapan kulit biasanya paling sering terjadi di leher dan ketiak.

5. Diabetes

Bercak gelap pada kulit di belakang leher seringkali merupakan tanda prediabetes.

6. Hipotiroidisme

Kondisi Acanthosis Nigricans yang menimbulkan bercak hitam biasanya dikaitkan dengan kondisi medis yang Anda miliki.

Misalnya, tiroid atau kenaikan berat badan. Dan kondisi tersebut dapat menyebabkan penggelapan kulit Anda.

Editor


Komentar
Banner
Banner