Relax

5 Rekomendasi Aktivitas Simpel Buat Self Healing, Bisa Dilakukan di Mana Saja

apahabar.com, JAKARTA – Apakah Anda sedang merasa stres, lelah, atau sedih akibat persoalan hidup yang tak…

Featured-Image
Ilustrasi melakukan aktivitas sederhana untuk self healing (Foto:Jovee)

bakabar.com, JAKARTA – Apakah Anda sedang merasa stres, lelah, atau sedih akibat persoalan hidup yang tak berjalan sesuai ekspektasi? Kalau demikian, sudah waktunya melakukan self healing.

Self healing sendiri merupakan upaya untuk menyembuhkan luka batin. Lebih lengkapnya, Pakar Psikologi Universitas Airlangga (Unair), Primatia Yogi Wulandari, mendefinisikan upaya ini sebagai teknik atau intervensi yang dilakukan seseorang ketika muncul masalah psikologis.

"Bisa juga kita mendeteksinya dari sinyal tubuh yang sifatnya fisik, seperti mudah lelah, sering ada keluhan fisik namun tidak ada penyebab yang jelas, atau sulit tidur," ujarnya, dikutip dari laman unair.ac.id, (12/7/2021).

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan self healing. Tak mesti berbujet mahal, kegiatan sederhana sekali pun bisa menjadi obat pelipur lara. Merangkum berbagai sumber, ini lima aktivitas sederhana untuk self healing yang bisa dilakukan di mana saja:

1. Meditasi Mindfulness

Cara pertama yang bisa dilakukan sebagai self healing ialah meditasi mindfulness. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa teknik ini mampu mengurangi kecemasan alias anxiety, juga depresi.

Meditasi mindfulness berfokus dengan memberikan perhatian di masa kini, tanpa menghakimi pengalaman yang pernah dirasakan di masa lampau. Cobalah berikan ruang untuk diri sendiri melawan pikiran negatif, menerima keadaan, serta fokus memikirkan hal-hal menyenangkan.

2. Bernapas dengan Box Breathing

Kalau sekiranya tak punya waktu lebih untuk bermeditas, cobalah menarik napas dalam-dalam dengan teknik box breathing. Caranya cukup mudah: tarik napas selama empat ketukan, lalu tahan, embuskan, dan tarik lagi dalam empat hitungan.

Bila setiap hari menerapkan teknik bernapas yang demikian, aktivitas parasimpatetik pada tubuh dapat terbantu. Sebagai informasi, saraf ini bertanggung jawab untuk menenangkan respons 'melawan atau lari' saat menghadapi stres, trauma, maupun kesehatan fisik.

3. Tidur Cukup

Cara sederhana lainnya yang bisa jadi self healing ialah tidur cukup. Meski terdengar sepele, aktivitas ini membawa dampak yang sangat besar bagi tubuh, manakala tengah merasakan cemas atau burnout.

Sayangnya, banyak orang yang justru tak bisa tidur ketika mengalami kecemasan. Kurang tidur sejatinya malah melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit untuk memulihkan diri.

Bahkan, kurang tidur dapat menyebabkan stres makin parah. Sebab, ini bisa berkontribusi meningkatkan hormon stres, seperti norepinephrine dan epinephrine.

4. Berdialog dengan Diri Sendiri

Ada kalanya segala hal yang terbendung dalam pikiran mesti diungkapkan. Untuk itu, cobalah berdialog dengan diri sendiri. Ini bisa dilakukan kapan saja: ketika berkendara atau berada di depan cermin.

Ungkapkan kata-kata sebagai bentuk terima kasih atas segala pencapaian. Prestasi yang dimaksud bukan hanya terbukti melalui secarik kertas pengakuan; masih bertahan setelah melewati semua kesulitan, juga termasuk sebuah pencapaian berharga.

5. Melakukan 'Perawatan' Diri

Perawatan yang dimaksud bukanlah seperti melakukan facial di salon kecantikan. Teknik ini bisa dilakukan dengan menetapkan batasan - jangan segan-segan untuk mengatakan "tidak" pada hal yang tak disuka.

Selain itu, perawatan diri juga bisa diwujudkan dengan memprioritaskan kebutuhan dan hal-hal yang membuat nyaman. Semakin sering menerapkan perawatan diri, rasa sakit yang tengah dirasakan pun bakal pudar perlahan-lahan dan terganti dengan pemikiran yang lebih positif.

Itulah lima aktivitas sederhana yang bisa dilakukan di mana saja sebagai bentuk self healing. Selamat mencoba!



Komentar
Banner
Banner