kesehatan mental

5 Langkah Mengatasi Lelah Mental, Salah Satunya Berolahraga

Banyak orang yang mengalami lelah mental. Saat mengalami lelah mental rasanya badan sakit dan lelah. Begitu juga mental terasa kacau dan lelah

Featured-Image
Ilustrasi kondisi seseorang yang mengalami lelah mental. Foto: Alodokter.

bakabar.com, JAKARTA - Bukan hanya fisik, mental pun bisa merasakan lelah. Bahkan ketika mengalaminya bisa berefek pada kondisi badan yang sakit dan kelelahan.

Lalu, apa langkah sederhana dan cepat yang bisa kita lakukan saat mengalami kelelahan mental agar kondisi ini tak berlarut-larut?

Merangkum okehealth, berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lelah mental:

1. Hilangkan trigger stres

Jika kewalahan di tempat kerja, bisa coba minta bantuan ke bawahan, atasan atau rekan kerja yang lain. Coba mendelegasikan beberapa tanggung jawab kita kepada orang lain.

Mungkin kewalahan dengan urusan rumah tangga? Jika mampu, segera sewa jasa pengasuh atau petugas pembersih rumah. Jika tidak ada dana, ada baiknya meminta bantuan teman dan anggota keluarga yang lain.

2. Istirahat

Stop dan rehat sejenak dari aktivitas harian, istirahat di sini bisa misalnya ambil cuti panjang, me time setiap hari minimal satu jam, istirahat makan siang dari kantor dan meluangkan waktu satu jam penuh untuk makan santai.

Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan atau aktivitas non-kerja lainnya, atau sesimpel menyisihkan satu atau dua malam di tiap akhir pekan untuk makan malam atau menonton film bersama sahabat tercinta.

3. Teknik relaksasi

Mudah saja, contohnya bisa melakukan yoga, tai chi, pijat, pasang aromatherapy di kamar agar perasaan jadi nyaman dan tenang.

4. Tidur lebih banyak

Usaha maksimal untuk bisa dapat 7 hingga 8 jam tidur setiap malamnya, ini bisa membantu menghilangkan kelelahan mental dan fisik.

Bagaimana caranya agar cukup tidur, pertama jangan habiskan terlalu banyak waktu di tempat tidur sepanjang hari, mandi air hangat satu jam atau lebih sebelum tidur, yoga atau stretching ringan sebelum tidur, jauhi diri dari ponsel atau laptop, matikan atau redupkan lampu di kamar.

5. Olahraga

Melakukan aktivitas fisik secara teratur nyatanya bisa beri dampak positif pada mood hati, tingkat energi, dan fungsi otak kita loh. Jadi bukan sekedar sehat secara fisik saja.

Olahraga yang ditekuni juga tak perlu yang rumit atau berintensitas tinggi. Mulai saja dari yang ringat seperti jalan cepat selama 30 menit.

Editor


Komentar
Banner
Banner