hewan peliharaan

5 Hewan Peliharaan yang Bisa Menghilangkan Stres, Punya Salah Satunya?

Meski terkesan menyusahkan, memelihara dan merawat hewan seperti anjing, kucing, atau lainnya dapat membantu menurunkan depresi, stres, dan kecemasan.

Featured-Image
Memelihara hewan di rumah ternyata bisa menghilangkan stres (Foto: dok. TheMoonDoggies)

bakabar.com, JAKARTA - Siapa bilang memelihara hewan di rumah adalah perkara gampang? Faktanya, dibutuhkan komitmen serius, serta ketekunan dan keuletan agar piaraan itu merasa nyaman.

Meski terkesan menyusahkan, memelihara dan merawat hewan seperti anjing, kucing, atau lainnya dapat membantu menurunkan depresi, stres, kecemasan, bahkan meningkatkan kesehatan jantung.

Hal tersebut bisa terjadi karena tanpa disadari, peliharaan yang dirawat sedemikian rupa memberikan nilai persahabatan berharga. Serta, menambah kegembiraan dan cinta tanpa syarat dalam hidup.

Lantas, hewan apa sajakah yang bisa mengilangkan stres? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

1. Kucing

Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih untuk memelihara kucing. Lantaran, hewan berkaki empat ini sangat mudah ditemukan, juga mempunyai jenis yang beragam.

Alasan lain yang membuat orang-orang suka memelihara kucing ialah hewan ini suka diajak bermain. Faktanya, kucing pun senang berada di dekat manusia.

Ketika berada di dekat manusia, kucing juga bisa mengetahui perasaan sang empunya. Sebab itulah, hewan ini disebut mampu meredakan stres, depresi, hingga gangguan kecemasan.

2. Anjing

Anjing dikenal sebagai hewan yang sangat setia kepada pemiliknya. Hewan yang menggonggong ini juga mempunyai empati terhadap perasaan pemiliknya.

Dengan memelihara anjing, manusia dapat meredakan perasaan kesepian, bahkan meningkatkan kesehatan jantung saat melatihnya.

Peneliti pun menemukan bahwa anjing memberi pemiliknya kehidupan sosial yang lebih baik dan gaya hidup aktif secara fisik. Sebab, hewan ini sering berjalan, sehingga berkontribusi mengarah pada kesehatan jantung yang lebih baik.

3. Landak Mini

Di Indonesia, masih jarang yang memelihara landak mini. Hewan yang berasal dari benua Afrika ini merupakan jenis piaraan yang sangat aktif dan perlu banyak perawatan.

Kegiatan merawat itulah, yang barangkali bisa mengurangi tingkat stres pemiliknya. Tingkah landak yang aktif juga bisa sangat menghibur.

4. Burung Kenari

Burung kenari atau yang memiliki nama Latin Serinus canaria merupakan hewan peliharaan yang sangat populer di masyarakat Indonesia, utamanya bagi kalangan pecinta burung. 

Lantaran memiliki suara nan merdu, sang empunya burung kenari pemilik bisa menikmati merdunya bunyi ini, sehingga bisa menghilangkan stress. Selain itu, pemilik akan merasa tenang dan rileks.

5. Kuda

Tidak hanya cocok digunakan sebagai hewan untuk olahraga, kuda ternyata juga mampu mengatasi trauma. Orang yang mengalami trauma akan dibantu untuk mengeksplorasi perasaannya.

Di sisi lain, terapi trauma menggunakan kuda dapat membantu orang dalam mengatasi masalah berkomunikasi.

Itulah deretan hewan yang dirangkum dapat mendukung kesehatan pemiliknya. Apakah Anda memiliki salah satunya? Atau, mulai tertarik untuk memeliharanya? (Daffa Aldi)

Editor


Komentar
Banner
Banner