Pesona Indonesia

5 Destinasi Wisata dengan Pemandangan Danau Terindah di Indonesia Timur

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam tempat wisata dengan pesona keindahan yang sulit untuk dilupakan.

Featured-Image
Danau Segara Anak di NTB (Foto: dok. Gunung)

bakabar.com, JAKARTA - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam tempat wisata dengan pesona keindahan yang sulit untuk dilupakan. Mulai dari lokasi yang sudah terkenal hingga lokasi yang belum terjamah oleh pengunjung.

Untuk melepas penat, tentunya Anda akan memilih untuk liburan dengan pesona alam yang tenang, sejuk dan asri seperti pantai, pegunungan, daerah sawah, bahkan air terjun.

Namun pernahkan Anda mencoba untuk mengunjungi keindahan alam lainnya seperti danau? Sebab dengan mengunjungi danau, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang cantik dengan aliran air yang begitu menenangkan.

Anda dapat berkunjung ke danau untuk sekadar menikmati waktu luang bersama orang-orang tercinta. Dan berikut deretan danau dengan pesona indahnya yang terletak di Indonesia Timur:

1. Danau Sentani, Papua

Ketika Anda mendengar Papua, pasti objek wisata yang pertama kali terlintas adalah Raja Ampat. Namun, ternyata terdapat salah satu danau terindah di Indonesia yaitu Danau Sentani.

Keindahan Danau Sentani di Papua (Foto: PegiPegi)
Keindahan Danau Sentani di Papua (Foto: PegiPegi)

Danau ini terletak di lereng cagar alam Cycloop dengan ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani terkenal dengan keanekaragaman biota laut yang khas seperti  hiu sentani, ikan gabus dan hiu gergaji.

Waktu yang tepat jika Anda ingin mengunjungi danau ini adalah saat pertengahan tahun, karena pada saat itu sedang diselenggarakan Festival Danau Sentani.

Anda tidak hanya menikmati pemandangan indah danau, pegunungan sekitar yang sejuk, namun anda juga dapat melihat keragaman budaya khas Papua.

Baca Juga: Kenapa Perempuan Lebih Sering Marah-Marah saat Menstruasi?

2. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Danau Segara Anak merupakan danau yang berada pada kawah Gunung Rinjani, tepatnya berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Danau Segara Anak di NTB (Foto: dok. Gunung)
Danau Segara Anak di NTB (Foto: dok. Gunung)

Untuk mencapai danau ini, Anda harus melakukan treking terlebih dahulu karena danau ini berada pada ketinggian 2.000 meter.

Di sekitar danau ini terdapat sumber air panas yang dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Ada juga sebuah pohon yang diyakini oleh penduduk setempat dapat mengabulkan keinginan yang Anda impikan.

3. Danau Poso, Sulawesi

Danau Poso merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dan masuk dalam daftar danau terindah di dunia. Danau poso memiliki keunikan tersendiri yang membedakan dengan danau pada umumnya.

Keindahan Danau Poso (Foto: dok. Pesona Indonesia)
Keindahan Danau Poso (Foto: dok. Pesona Indonesia)

Pasalnya, tepian danau ini dikelilingi oleh pasir putih sehingga membuatnya seperti pantai. Anda juga dapat mengelilingi danau dengan perahu motor sambil menikmati kegiatan masyarakat setempat yang sedang memancing, dan membudidaya ikan.

4. Danau Paniai, Papua

Danau ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Aktivitas yang dapat dilakukan di danau ini diantaranya memancing dan berkeliling danau menggunakan perahu.

Danau Painai (Foto: dok. TripTrus)
Danau Painai (Foto: dok. TripTrus)

Keindahan danau Paniai sudah tidak diragukan lagi. Pemandangan alam yang bersih terawat, tebing-tebing yang indah, serta udara yang sejuk menjadi alasan banyak wisatawan begitu menyukai danau ini.

5. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Danau Kelimutu (Foto: dok. Kumparan)
Danau Kelimutu (Foto: dok. Kumparan)

Danau ini berada di kawasan gunung Kelimutu yang berlokasi di Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu dikenal dengan danau tiga warna yang memberikan pemandangan alam yang memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung dengan keindahan warna warni airnya. Anda juga dapat menikmati keindahan sunrise pada Danau Kelimutu ini.

Editor
Komentar
Banner
Banner