News

40 Anggota DPRD Kotim Terpilih Dilantik

Pelantikan 40 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur, masa bhakti 2024-2029 berlangsung khidmat diruang Paripurna DPRD.

Featured-Image
Pelantikan dan pengucapan sumpah janji 40 Anggota DPRD Kotim periode tahun 2024-2029. Rabu (14/8/2024). Foto: bakabar.com/Ilhamsyah Hadi

bakabar.com, SAMPIT - Pelantikan 40 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Timur, masa bhakti 2024-2029 berlangsung di ruang Paripurna DPRD Kotim, Rabu (14/08/2024). 

Meski sempat molor selama satu jam dari waktu yang ditentukan yakni pukul 09.00 WIB, ternyata dimulai sekitar pukul 09.30 WIB, namun hal itu tidak mengurangi suksesnya acara pelantikan tersebut.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kotim dalam rangka pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD periode 2024-2029 tersebut dihadiri oleh Bupati Wakil Kotim, Irawati, Unsur Muspida, Kepala SKPD lingkungan Pemkab Kotim, serta tamu undangan lainnya.

Dari 40 anggota yang terpilih, 18 orang di antaranya merupakan wajah baru, sedangkan 22 orang lainnya adalah anggota lama yang incambent dan kembali terpilih pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) lalu.

Pengambilan sumpah dan janji Anggota DPRD dipimpin langsung Kepala Pengadilan Negeri (PN) Sampit, Benny Octavianus. Sedangkan secara simbolis pelantikan dilakukan dengan penandatanganan perwakilan dari Anggota Dewan.

Usai acara pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan penunjukan pimpinan dewan sementara yakni yang ditunjuk adalah Rinie dari Partai PDI Perjuangan mengingat sebagai partai terbanyak dalam kursi dewan. Sedangkan untuk posisi wakil ketua ditunjuk Juliansyah dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua DPRD Kotim, Rinie Anderson mengatakan sangat berterima kasih kepada anggota yang purna tugas pada masa jabatan 2099-2024.

"Meski masyarakat melihat kami berbeda, namun kami di sini tetap satu lembaga dan tentunya rasa kekeluargaan kami sangat tinggi selama lima tahun menjabat bersama, sehingga saya ada rasa sedih berpisah dengan teman-teman untuk masa jabatan sebelumnya," kata Rinie Anderson.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Kotim, yang telah membantu kelancaran pemilihan legislatif beberapa waktu lalu sehingga semuanya berjalan sukses dan lancar.

Sementara, Bupati Kotim, Halikinnor melalui Wakil Bupati Kotim, Irawati yang menyampaikan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mengatakan dengan sudah diambilnya sumpah dan janji, anggota yang dilantik telah resmi menjadi Anggota DPRD. 

Diterangkan, pemilu tahun 2024 telah menghadirkan wajah-wajah baru dengan ragam latar belakang profesi. Anggota DPRD Kabupaten/Kota terpilih yang tidak hanya berasal dari kalangan politisi semata.

"Melihat begitu penting dan senteralnya peran dan fungsi DPRD, maka figur atau profil Anggota Dewan haruslah memiliki kompetensi yang prima, pengetahuan yang luas, kemampuan skil yang handal berkaitan dengan subtansi bidang tugas DPRD yang menjadi tanggung jawabnya, serta dibarengi dengan sikap prilaku yang baik," terang Irawati.

Dipaparkan, Anggota DPRD berhak meningkatkan kompetensi dan kualitas melalui kegiatan-kegiatan seperti orientsi dan bimbingan teknis.

Dengan pelatihan dan pengembangan tersebut, diharapkan dapat membantu anggota DPRD menjalankan fungsi legislatif, pengawasan, dan anggaran secara efektif dan efesien demi tercapainya tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, setelah seluruh acara pelantikan selesai, acara dlanjutkan dengan sesi foto bersama dihlaman depan ruang paripurna DPRD Kotim, selanjutya untuk menambah kemeriahkan kegiatan, acara ditutup dengan makan siang bersama.

Editor


Komentar
Banner
Banner