Harry Potter

31 Juli, Ultah JK Rowlings Sekaligus Hari Lahirnya Harry Potter

JK Rowlings dan Harry Potter tak bisa dipisahkan. Keduanya adalah dua nama yang melekat erat dalam satu kisah.

Featured-Image
Harry Potter dan sahabatnya, Hermione Granger dan Ronald Weasley. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA - JK Rowlings dan Harry Potter tak bisa dipisahkan. Keduanya adalah dua nama yang melekat erat dalam satu kisah.

Hari ini adalah ulang tahun J.K. Rowling, penulis populer asal Britania Raya. Ia lahir dengan nama Joanne Rowling pada 31 Juli 1965 di Yate, Gloucestershire, Inggris.

Namanya melejit setelah Harry Potter, buku tentang dunia sihir yang ia tulis meledak di pasaran dan menjadi buruan anak-anak dan orang dewasa.

Hari ini juga menjadi hari lahirnya Harry Potter. Harry lahir dari pasangan penyihir, James dan Lily Potter. Kisah yang jadi perhatian dunia ini dimulai pada hari ulang tahun Harry yang ke-11, ketika Harry mengetahui bahwa dia adalah seorang penyihir. Plot cerita tentang kehidupan Harry sebagai penyihir terbangun selama tujuh tahun sejak ia lahir.

Baca Juga: Robbie Coltrane, Pemeran Hagrid di Harry Potter Tutup Usia di Usia 72 Tahun

Serial fiksi Harry Potter mengisahkan bagaimana anak berkacamata dan senyum khas itu menjalani kehidupan sekolahnya dan melakoni pertempuran takdirnya dengan Voldemort.

Harry memilih Sekolah Sihir Hogwarts yang bergengsi untuk menjadi tempatnya menimba ilmu. Sekolah ini dijalankan oleh Kepala Sekolah Albus Dumbledore, untuk belajar sihir di bawah bimbingan profesor sekolahnya yang dihormati.

Di Sekolah Sihir Hogwarts, Harry berteman baik dengan Ronald Weasley dan Hermione Granger. Di sini ia juga menemukan bahwa nasib dan takdirnya selalu terkait dengan penyihir gelap dan pembunuh, Lord Voldemort.

Harry Potter, yang diciptakan melalui proses panjang oleh JK Rowling telah menjadi ikon dalam budaya pop di seluruh dunia. Buah karya JK Rowlings yang sempat mengalami banyak penolakan, berakhir manis.

Baca Juga: Belajar Makna Pantang Menyerah dari JK Rowling, Pembuat Dunia Sihir ‘Harry Potter’

Kisah Harry Potter akhirnya mendapat apresiasi tinggi dari puluhan juta pembaca di seluruh dunia, kritikus buku dan film, dan akhirnya penonton film sebagai salah satu karakter fiksi terbesar sepanjang masa.

Aktor Daniel Radcliffe memerankan Harry Potter sejak film live-action ini pertama dirilis, hingga episode terakhirnya. Ia bermain mulai dari "Harry Potter and the Philosopher`s Stone" (2001) hingga "Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2" (2011).

Editor


Komentar
Banner
Banner