piala dunia

2 Tahun Wafatnya Diego Maradona, Suporter Argentina Harap Messi Cs Berjaya di Piala Dunia 2022

Tepat dua tahun yang lalu, publik Argentina menangis. Diego Armando Maradona, pesepakbola legenda, meninggal dunia.

Featured-Image
2 Tahun Diego Maradona Wafat, Suporter Argentina Harap Messi Cs Berjaya di Piala Dunia 2022. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Tepat dua tahun yang lalu, publik Argentina menangis. Diego Armando Maradona, pesepakbola legenda, meninggal dunia.

Maradona wafat akibat henti jantung. Legenda sepakbola asal Argentina itu menghembuskan napas terakhir di rumahnya, Rabu (25/11) malam WIB.

Pada awal November 2020, Maradona sempat menjalani operasi akibat hematoma subdural, yang merupakan gumpalan darah di permukaan otak. Operasi yang berlangsung di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, Argentina, berjalan sukses.

Kepergian Maradona bukan cuma menjadi kesedihan fans sepakbola Argentina, namun menjadi duka nasional di negara tersebut.

Maradona sangat berjasa untuk Argentina saat memenangi Piala Dunia 1986. Dia juga sangat dihormati di kota Naples setelah mampu membawa Napoli meraih gelar Scudetto dua kali sampai Piala UEFA.

Napoli bahkan mengganti nama stadion dari San Paolo menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Sebuah dedikasi yang sangat luar biasa dari publik Naples kepada Maradona.

Doa Suporter Timnas Argentina

Salah satu doa yang dipanjatkan suporter Timnas Argentina, yakni berharap Lionel Messi cs bisa berjaya di laga kedua Grup C Piala Dunia 2022 kontra Meksiko.

Sekadar diketahui, laga Argentina vs Meksiko sendiri berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Doha, Qatar, Minggu 27 November 2022 dini hari pukul 02.00 WIB.

Duel itu bisa menjadi penentu nasib La Albiceleste (julukan Timnas Argentina) usai secara mengejutkan dikalahkan Arab Saudi 1-2 pada laga pertama, Selasa (22/11).
Kekalahan memalukan itu menempatkan Lionel Messi dan kolega di dasar klasemen Grup C di bawah Arab Saudi (poin 3), Polandia (1), dan Meksiko (1).

Perayaan dua tahun meninggalnya Diego Maradona itu pun digelar di hangar milik Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, di Bandara Internasional Hamad, Jumat (25/11) malam waktu setempat.

Dalam perayaan tersebut, setiap harinya dipajang bermacam jersey bersejarah yang pernah dipakai sang legendaris. Baik di Timnas Argentina dan klub yang dibelanya.

Lukisan Diego Maradona yang dilukis oleh seniman terkenal Argentina, Maximiliano Bagnasco. Foto-net
Lukisan Diego Maradona yang dilukis oleh seniman terkenal Argentina, Maximiliano Bagnasco. Foto-net

Bukan itu saja, dalam pameran itu juga dipajang juga sebuah pesawat yang dihias penuh dengan gambar Diego Maradona. Diketahui itu dilukis oleh seniman terkenal Argentina, Maximiliano Bagnasco.

Menurut media Qatar The Peninsula, perayaan juga digelar di Buenos Aires. Seniman Argentina Alfredo Segatori membuat lukisan Diego Maradona setinggi 11 meter.

Dalam lukisan tersebut, Legendaris berjuluk El Pibe del Oro (si Anak Emas) itu digambarkan tersenyum, mengenakan kemeja lokal Boca Juniors dan bendera Argentina. Trofi Piala Dunia pun tergantung di anting-anting dan mengenakan sorban mengacu pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

"Saya berharap (lukisan ini) mencapai Timnas Argentina dan memotivasi mereka untuk pertandingan hari Sabtu," kata pelukis 52 tahun itu.

Lukisan ini menunjukkan Diego Maradona sebagai penggemar tetap yang mendukung tim.

"Kita semua ingin dia ada di sana bersorak," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner