Imunisasi Polio

2 Anak di Jatim Lumpuh Layu, Malang Gelar Imunisasi Polio 300 Titik

Pemkot Malang gelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di 300 titik. Hal ini menyusul 2 anak lumpuh layu di Jawa Timur (Jatim).

Featured-Image
Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, saat memberikan imunisasi polio pada balita di Posyandu RW 4 Kayutangan, Kauman, Kota Malang, pada Senin, 15 Januari 2023.

bakabar.com, MALANG – Pemkot Malang gelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di 300 titik. Hal ini menyusul 2 anak lumpuh layu di Jawa Timur (Jatim).

Gelombang pertama dilaksanakan di 300 titik. Vaksin ini merupakan upaya pencegahan dan pemutusan rantai penularan virus polio.

"Sasarannya 100 ribu anak usia 0 sampai 7 tahun," kata Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, Senin (15/1).

Baca Juga: Ada Infeksi Polio Tipe 2 di Jateng, 86 Ribu Anak Bakal Diimunisasi

Wahyu menjelaskan gelombang kedua akan dilakukan Februari mendatang. Vaksin yang diberikan adalah jenis tetes.

"Ini gratis dan kami beri di posyandu, sekolah (PAUD – SD) dan puskesmas," ucap dia.

Karenanya, dia juga mendorong para orang tua untuk membawa anak-anaknya ke posyandu hingga puskesmas untuk imunisasi. Pihaknya juga telah menyampaikan ke Camat dan Lurah agar menyosialisasikan hal ini.

Baca Juga: Kemenkes Tetapkan KLB Polio, Parents Wajib Waspada

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan 3 Kejadian Luar Biasa (KLB) polio. KLB ini merujuk pada penemuan kasus lumpuh layu.

Dua di antaranya di Jawa Timur. Yakni Kabupaten Pamekasan dan Sampang, Jawa Timur; serta Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Wilayah pemberian imunisasi tambahan adalah di kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan lokasi terjadinya KLB polio," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangannya di situs Kemenkes.

Editor


Komentar
Banner
Banner