Arus Mudik 2023

1,6 Juta Kendaraan Pemudik Menyeberang ke Pulau Sumatera

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak, Uswatun Hasanah menyebut sekitar 1,6 juta kendaraan pemudik melintasi tol Tangerang-Merak

Featured-Image
Pemudik kendaraan di Pelabuhan Merak ramai untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang Merak, Uswatun Hasanah menyebut sekitar 1,6 juta kendaraan pemudik melintasi tol Tangerang-Merak untuk menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Hal ini merujuk perhitungan pengelola tol Tangerang-Merak yang mencatat sejak 12 April 2023, lalu. Bahkan tercatat rekor terbanyak sebesar 21 ribu kendaraan menyebrang per hari dalam masa mudik lebaran 2023.

"Terpantau sampai dengan hari ini layanan tambahan transaksi dan layanan pendukung seperti area parkir dan toilet termanfaatkan dengan layak," kata Uswatun, Senin (24/4).

Baca Juga: Gerbang Tol Kalikangkung Mulai Berlakukan 'One Way' Arus Balik

Meski terjadi lonjakan pemudik, ruas Tol Tangerang-Merak masih terpantau ramai lancar dan jarang terjadi penumpukan kendaraan.

Sebab ia mengeklaim metode transaksi dan kapasitas jalur mumpuni untuk melayani para pemudik yang hendak bertolak menuju Pulau Sumatera.

Selain itu, pengelolaan trafik yang cukup matang oleh berbagai pihak, di antaranya mekanisme distribusi lalu lintas kendaraan angkutan ke 3 pelabuhan yaitu Merak, Ciwandan dan BBJ Bojonegara, serta efektivitas sosialisasi pembatasan kendaraan angkutan barang sehingga angkutan barang melintas lebih awal.  

Baca Juga: Bandara Syamsudin Noor Berangkatkan 73.619 Penumpang Selama Arus Mudik

"Meskipun demikian, kami tetap memberikan layanan ekstra dan apresiasi bagi pengguna jalan yang melintas," ujarnya.

Kini pihaknya masih bersiaga mengantispasi arus balik Lebaran 2023 yang diprediksi mulai meningkat signifikan pada 29 April sampai 1 Mei 2023 dengan puncak mudik tanggal 30 April 2023. Pada prakiraan waktu tersebut estimasi kedatangan sebanyak 174.294 kendaraan. 

"Asumsi kami pemudik masih akan extend cuti setelah cuti bersama habis, mengingat 1 Mei 2023 ini tanggal merah," imbuhnya.

Maka ia akan mengoptimalkan layanan transaksi gardu reguler pada gerbang-gerbang favorit seperti entrance Merak, Cilegon Timur, Serang Timur dan exit Cikupa. 

Diskon Tarif jarak terjauh (Cikupa-Merak) sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan akan kembali diberikan kepada pemudik yang melakukan perjalanan baliknya pada 27 April 2023 Pukul 06.00 sampai 29 April 2023 Pukul 06.00 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner