Kalteng

12 Kecamatan di Kapuas Laksanakan Sekolah Tatap Muka

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, ternyata telah dilaksanakan di…

Featured-Image
Pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Kapuas, Kalteng, ternyata telah dilaksanakan di beberapa kecamatan di daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, H Suwarno Muriyat, mengatakan beberapa kecamatan yang melaksanakan PTM seperti Kecamatan Kapuas Kuala, Tamban Catur dan sebagian Bataguh.

Kemudian Kecamatan Kapuas Murung, Dadahup, Mantangai, Kapuas Barat, Timpah, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu dan Mandau Talawang.

“Sekolah di kecamatan yang ketegori zona hijau sejak awal tahun 2021 sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka,” kata Suwarno Muriyat di Kuala Kapuas, Minggu (21/2).

Pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan tetap menerapkan 8 daftar periksa sekolah PTM yang ketat.

8 daftar periksa tersebut meliputi sanitasi termasuk toilet bersih dan layak, fasilitas UKS/PKM terdekat.

Kemudian aturan dan mengimbau dari sekolah menerapkan wajib masker, tersedia thermogun dengan jumlah yang memadai, sarana cuci tangan, hand sanitizer dan desinfektan.

Sekolah juga agar melakukan pemetaan satuan pendidikan untuk mengetahui orang di sekolah yang punya komorbid (penyakit penyerta).

Lalu persetujuan komite sekolah belajar tatap muka dan surat pernyataan dari orang tua/wali peserta didik setuju, atau tidak setuju anaknya mengikuti PTM.

Menurut Suwarno, menerapkan 8 daftar periksa sekolah PTM adalah sebagai adaptasi kebiasaan baru dalam pembelajaran di masa pandemi-19.

“PTM diperlukan karena lebih efektif dibandingkan BDR. Tumbuh kembang peserta didik menjadi perhatian utama selain kesehatan dan keselamatan untuk pendidik, peserta didik dan orang tua peserta didik,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner