Peristiwa & Hukum

1 Penumpang Luka Bakar, Ini Penyebab Kebakaran KM Niki Sejahtera

Ratusan penumpang dan kru Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera yang terbakar di perairan Masalembu akhirnya tiba di Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin, Jumat (2/8/

Featured-Image
Ratusan penumpang dan kru Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera yang terbakar di perairan Masalembu akhirnya tiba di Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin, Jumat (2/8/2024). Foto: bakabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Ratusan penumpang dan kru Kapal Motor (KM) Niki Sejahtera yang terbakar di perairan Masalembu akhirnya tiba di Pelabuhan Trisakti, Kota Banjarmasin, Jumat (2/8/2024).

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melalui unsur KN Singa Laut-402 berhasil mengevakuasi penumpang dan kru KM Niki Sejahtera.

Namun tidak semua penumpang dan kru kapal yang tiba hari ini dengan keadaan sehat.

“Untuk korban meninggal dunia tidak ada. Tapi 1 orang luka bakar, 1 orang shock ringan karena kaget dan ada penyakit bawaan asma 1 orang,” ujar Komandan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melalui unsur KN Singa Laut-402, Letkol Muh Ritaudin.

Ritaudin menerangkan dugaan penyebab kebakaran terjadi akibat satu mobil penumpang terbakar. Api yang tidak berhasil dikuasai pun membakar hingga ke ajungan KM Niki Sejahtera.

“Yang terbakar itu informasinya adalah mobil dari penumpang,” ucapnya.

Sebanyak 125 orang penumpang dan kru yang berhasil selamat, telah diserahkan ke KSOP Banjarmasin. Rinciannya, 44 anak buah kapal (ABK), 76 penumpang dan 5 orang dari keluarga penumpang.

“Ada sebagian supir yang membawa istri dan keluarganya, yang total semuanya 125 orang,” tuturnya.

Direktur Polairud Polda Kalsel, Kombes Pol Dr Andi Adan Syafruddin mengatakan pihaknya membantu proses evakuasi KM Niki Sejahtera yang terbakar.

"Kita berrkoordinasi dengan Basarnas untuk persiapan evakuasi ABK dan penumpang. Mempersiapkan personel SAR dan Subdit Gakkum sejumlah 5 personel untuk turut serta berangkat menggunakan KM Laksmana 421," tambah Kombes Pol. Andi Adan Syafruddin melaui Kasubdit Gakkum Dit Polairud, AKBP Yeremias Tony Putrawan.

la katakan kejadian terbakarnya KM Niki Sejahtera pada Kamis (1/8/2024) sekitar pukul 14.00 Wita. Posisinya, 05° 1l' 187" S dan 113° 43' 943" T, yang mana kapal tersebut sedang melaksanakan pelayaran dari Surabaya menuju Banjarmasin.

Kapal, lanjut AKBP Yeremias Tony Putrawan bermuatan terdiri dari 9 truck tronton, 25 truck besar, 7 truck kecil, 6 mobil pribadi, 4 sepeda motor, 3 motor Tossa serta mengangkut 44 ABK dan 76 penumpang

Disebut, personel Dit Polairud bersama dengan personel Basarnas akan diberangkatkan pada pukul 02.00 wita dengan menggunakan KM Laksmana untuk melakukan intersep dengan Kapal Bakamla di titik koordinat yang telah ditentukan mengevakuasi seluruh ABK dan penumpang.

“Dibawa ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pengawalan Dit Polairud Polda Kalsel," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner